Pelatihan Renang Keselamatan Bagi Anak Penyandang Disabiltas
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v1i2.180Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan kompetensi melatih untuk mengatasi kesulitan pelatih di Perkumpulan Renang Caesar dalam melatih renang anak penyandang disabilitas. Target yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah peningkatan kompetensi baik secara pemahaman, pengetahuan, maupun keterampilan pelatih setelah mengikuti pelatihan terkait renang keselamatan bagi anak penyandang disabilitas. Selain kompetensi pelatih, kegiatan ini diharapkan juga menghasilkan produk yaitu modul melatih renang keselamatan bagi anak penyandang disabilitas. Metode kegiatan ini berupa pelatihan kepada para pelatih Perkumpulan Renang Caesar. Setelah diberi pelatihan materi teori, selanjutnya para pelatih akan melaksanakan praktek melatih anak-anak penyandang disabilitas dari Sekolah Luar Biasa yang mengikuti les renang di perkumpulan renang tersebut. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui beberapa metode pelatihan, yaitu: 1) Metode Ceramah, 2) Metode Tanya Jawab, dan 3) Metode Simulasi. Pelatihan dilaksanakan sebanyak 2 kali secara teori dan praktek, hal ini dilakukan agar peserta tidak hanya sekedar memahami teorinya saja, akan tetapi akan mendapat bimbingan dalam melatih langsung di kolam renang dengan baik dan benar.
Â
Keywords:
Renang, Anak Penyandang Disabilitas
References
Agus Supriyanto & Lismadiana. (2013). Penggunaan metode hipnoterapy untuk meningkatkan konsentrasi start dalam renang. Jurnal iptek olahraga. Volume 15, nomor 2. Jakarta: Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.
Syafrida Elisa dan Aryani Tri Wrastari. (2013). Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, Vol. 2, No. 1.
Ulfah Fatmala Rizky. (2014). Identifikasi Kebutuhan Siswa Penyandang Disabilitas Pasca Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal of Disability Studies. Vol, 1, Issue 1 pp. 52-59. ISSN: 2355-2158
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.