Inservice Training Implementasi Pembelajaran Daring Bagi Pendidik
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v5i2.1846Keywords:
inservice training, pembelajaran daring, keterampilan, googleAbstract
References
Afni, Z., & Sari, F. M. (2021). Pemulihan Ekonomi Melalui Pembangunan Kebun Bibit Desa Menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR). DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 356–364.
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 18–25.
Anwar, M. (2017). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 469–480.
Asmuni. (2020). Probelmatika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Urnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Siska, M. (2020). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Diversifikasi Produk Olahan Nenas Desa Kualu Nenas. Tasnim Journal for Community Service, 1(1), 1–11.
Cayeni, W., & Utari, A. S. (2019). Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan : Tantangan Guru Pada Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 658–667.
Dwiyanti, I., Supriatna, A. R., & Marini, A. (2021). Studi Fenomenologi Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Daring Muatan IPA Di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 06(01), 74–88.
Erni, S., Vebrianto, R., Miski, C. R., MZ, Z. A., Martius, & Thahir, M. (2020). Refleksi Proses Pembelajaran Guru MTs dimasa Pendemi Covid 19 di Pekanbaru : Dampak dan Solusi. Journal of Education and Learning, 1(1), 1–10.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69–84.
Fitria, H. (2018). Pengembangan Strategi Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Prosiding Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 17, 1279–1288.
Frida, A., & Nuranisa, A. (2020). Lingkungan Kampus menuju Pembiasaan Baru selama Kondisi Pandemi Covid-19 Campus Environment towards Next New Normal during The Covid-19 Pandemic. Populasi, 28(2), 1–17.
Gandasari, D., & DienaDwidienawati. (2020). Evaluation of Online Learning with Digital Communication media during the COVID 19 Pandemic. Journal of the Social Sciences, 48(3), 1062–1073.
Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. JOURNAL Industrial Engineering & Management Research ( JIEMAR), 1(2), 15–23.
Harahap, S. A., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836.
Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 09(01), 71–86.
Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru SMK. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 183–189.
Isroqmi, A. (2015). Untuk Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus : Aplikasi PowerPoint). Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 1317–1336.
Laksana, D. N. L. (2020). The Implementation Of Online Learning During Covid-19 Pandemic : Student Perceptions In Areas With Minimal Internet Access. Journal of Education Technology, 4(4), 502–509.
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107–115.
Lubis, Z., & Anggraeni, D. (2019). Paradigma Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional. Jurnal Studi Al-Qur’an Membangun Tradisi Berfikir Qur’ani, 15(1), 133–153.
Lynch, M. (2020). E-Learning during a global pandemic. Asian Journal of Distance Education, 15(1), 189–195.
Murthy, S., Gomersall, C. D., & Fowler, R. A. (2020). Care for Critically Ill Patients With COVID-19. JAMA Insights, 323(15), 2020–2021.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 03(01), 171–187.
Nursalim, & Thahir, M. (2020). Pemakaian Bahasa Indonesia Ragam Lisan Oleh Pengajar Madrasah Aliyah Kota Pekanbaru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 11(2), 51–65.
P, M. (2021). Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129–142.
Rahadian, D. (2017). Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran Untuk Pengajaran Yang Berkualitas. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 234–254.
Rasidi, M. A., Hikmatullah, N., & Sobry, M. (2021). Hambatan guru dalam pembelajaran daring : Studi kasus di kelas V MIN 2 Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 159–174.
Restian, A. (2020). Freedom of Learning in The " Elementary Arts and Culture " Subject the Character- Based Covid-19 Pandemic. Journal for the Interdisciplinary Art and Education, 1(1), 55–62.
Rivalina, R. (2015). Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(4), 165–176.
Saifuddin, M. F. (2017). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal Varidika: Kajian Penelitian Pendidikan, 29(2), 102–109.
Salamah, I., Kusumanto, R., & Lindawati. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru SDN 2 Palembang Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 73–84.
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 99–103.
Sencal, E. S. (2020). The emergence and development of Saussurean linguistic thought and structural linguistics in. Language & History, 00(00), 1–27.
Situmorang, R. P., Tapilouw, M. C., Hastuti, S. P., & Dewi, L. (2021). Pelatihan Perancangan Pembelajaran Inovatif dan Asesmen Berbasis Dalam Jaringan ( Daring ) terhadap Guru Lingkup Yayasan PPKS Surakarta. MAGISTRORUM ET SCHOLARIUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(1), 1–15.
Sobri, M., Nursaptini, & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4 . 0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64–71.
Sobron A.N, Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.
Yustina, Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The Effects Of Blended Learning And Project-Based Learning On Pre-Service Biology Teachers ’ Creative Thinking Through Online Learning. JPII: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.