Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi untuk Guru-Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v5i3.1847Keywords:
Interaktif, Media pembelajaran, Teknologi, Pembelajaran daring.Abstract
Pembelajaran daring selama pandemi menuntut guru untuk lebih kreatif dalam merancang pembelajaran. Media pembelajaran menjadi salah satu unsur penting dalam hal ini. Kegiatan ini merupakan pendampingan terhadap 19 guru dari sekolah dan daerah yang berbeda untuk dapat merancang media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Kegiatan dilakukan secara daring menggunakan aplikasi web meeting karena faktor protokol kesehatan selama pandemi. Pemanfaatan aplikasi power point menjadi pilihan utama karena mudah digunakan baik oleh guru maupun siswa. Hasil kegiatan ini adalah terciptanya produk media pembelajaran interaktir.
References
Andrews, R. (2015). Critical Thinking and/or Argumentation in Higher Education. Dalam M. Davies, & R. Barnett (Eds.). The Palgrave Handbook of Critical Thinking in Higher Education (hal. 49–62). London: Palgrave Macmillan.
Appadurai, Arjun. (2006). “The Right To Research.†Globalisation, Societies and Education, 4 (2), 167-177.
El Soufi, Nada, dan See, Beng Huat. (2019). Does Explicit Teaching of Critical Thinking Improve Critical Thinking Skills of English Language Learners in Higher Education? A Critical Review of Causal Evidence. Studies in Educational Evaluation, Vol 60: 140-162. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.12.006
Genlott, Annika Agelii dan Gronlund, Ake. (2013). Improving Literacy Skills through Learning Reading by Writing: The iWTR Method Presented and Tested. Computers and Education, Vol 67: 98—104. http://dx.doi.org/10.1016/ j.compedu.2013.03.007
Koentjaraningrat. (2002). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
McLuhan, Marshall. (1962). The Gutenberg Galaxy: The Making of Typographic Man. Toronto: University of Toronto Press.
Sutton, M. Q., & Anderson, E. N. (2014). Introduction to Cultural Ecology. Alta Mira Press.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.