Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTS bagi Guru-Guru

Authors

  • Nurhaedah Nurhaedah Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Erma Suryani Sahabuddin Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Amran Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1899

Keywords:

Pelatihan, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Perangkat pembelajaran,

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru SD Inpres Galangan Kapal IV tentang HOTS dan mengaplikasikannya dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Adapun kegiatan yang berkaitan adalah; 1) Memahami pentingnya perangkat pembelajaran berbasis HOTS; 2) Mengetahui teknik pembuatan perangkat pembelajaran l berbasis HOTS dan 3) Praktik membuat perangkat pembelajaran berbasis HOTS. Hasil dari kegiatan ini adalah: 1) Pelaksanaan kegiatan tepatnya di lokasi SD Kompleks Galangan Kapal Kecamatan Tallo Kota Makassar; 2) Observasi, yaitu mengadakan orientasi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para guru yang terkait dengan pembuatan perangkat pembelajaran HOTS; 3)Ceramah, dilakukan untuk memperkenalkan beberapa materi tentang Hakikat dan Pentingnya perangkat pembelajaran  berbasis HOTS; 4) Demonstrasi, memberikan praktek langsung pada peserta dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis HOTS. Hasilnya adalah program terlaksana dengan lancar dan sesuai rencana, peserta memperlihatkan minat dan perhatian yang serius terhadap materi pelatihan, pengajaran dan penerapan pembuatan perangkat pembelajaran  berbasis HOTS.

References

Achmad Fanani. 2017. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar . P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801 DOI: doi.org/10.21009/JPD.091.01

Agustini, Ferina & Khusnul Fajriyah. (2017). Problematika Pengembangan HOTS (Higher Order Thinking Skills) di Sekolah Dasar. Inovasi Pendidikan, 139-145.

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skills in your Classroom. Alexandria: Paperback.: Paperback.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nursalam. (2017). Pengukuran dalam Pendidikan. Makassar: Alauddin University Press.

Magsino, R. M. (2014). Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem BAsed Learning. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research , 1-6.

Purbaningrum, Kus Andidni. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahalan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. JPPM Vol.10. No. 2.

Widana, I Wayan. (2007). Modul Penyusunan Soal Hots . Jakarta

Wulandari, Septiya dkk. 2020. Pengembangan Soal Higher Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktik Matematika. Vol.7, No.2.

Downloads

Published

2022-03-22

Issue

Section

Articles

Citation Check