Pengembangan UMKM Jamu Celup

Authors

  • Zuhud Rozaki Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Sofa Nur Azizah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Arie Kusuma Paksi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i3.1970

Keywords:

UMKM, jamu, herbal, rejosari

Abstract

Pertanian menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mayasarakat. Akan tetapi terkadang potensi dari pertanian ini masih belum dikembangkan secara maksimal. Dukuh Rejosari adalah sebuah dukuh yang memiliki potensi pengembangan hasil pertanian berupa tanaman herbal. Potensi pengembangan tanaman herbal menjadi jamu di dukuh ini terbilang tinggi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan UMKM jamu celup di Dukuh Rejosari, Terong, Dlingo, Bantul dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh dukuh ini. Metode yang digunakan adalah penyuluhan, pelatihan dan transfer teknologi. Mitra pengabdian ini adalah Kelompok Wanita Tani Mawar Rejosari. Antusiasme mitra dalam mengembangkan potensi tanaman herbal menjadi jamu celup ini sangat tinggi, terbukti sudah ada rencana untuk diajukan hak paten dan PIRT untuk produk ini. Komitmen dan konsistensi dalam pengembangan jamu celup ini memerlukan kerjasama semua pihak agar bisa terus berkembang.

Author Biography

Zuhud Rozaki, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Prodi Agribisnis,

References

Andayani, A.A.I., Martono, E. & Muhamad, M., 2017, ‘Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi Di Desa Wisata Penglipuran Bali)’, Jurnal Ketahanan Nasional, 23(1), 1.

Ariestianti, W., Retnani, E.D., Widyawati, D., Ilmu, T., Indonesia, E., Java, E., Ilmu, T., Indonesia, E., Java, E., Kunci, K., Instagram, P. & Marketing, I., 2020, ‘Peningkatan Kapabilitas dan Performa UMKM melalui Monitoring dan Pendampingan’, PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 5(4), 376–382.

Guspul, A., 2014, ‘HUBUNGAN ANTARA LOKASI, PROMOSI DAN FAMILIERITAS KONSUMEN JASA DAN PARIWISATA (STUDI KASUS PADA TRMS SELOMANIK BANJARNEGARA)’, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(2), 61–68.

Lubis, T.A. & junaidi, junaidi, 2016, ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi’, Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163–174.

Nawawi, A., 2015, ‘Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Wisata Pantai Depok Di Desa Kretek Parangtritis’, Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Wisata Pantai Depok Di Desa Kretek Parangtritis, 5(2), 103–109.

Nurwati, N., Siswati, L. & Mufti, M., 2017, Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi Di Kelurahan Tebing Tinggi Okura Kota Pekanbaru, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 84–89.

Ratna Kusumo, A., Yumna Wiyoga, F., Putra Perdana, H., Khairunnisa, I., Ibadurrohman Suhandi, R., Sunja Prastika, S., Kuliah Kerja Nyata BBM UNAIR, M. & Pengabdian Masyarakat, L., 2020, ‘JAMU TRADISIONAL INDONESIA: TINGKATKAN IMUNITAS TUBUH SECARA ALAMI SELAMA PANDEMI’, Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 465–471.

Rozaki, Z., Fauzan, M., Studi Agribisnis, P., Pertanian, F. & Muhammadiyah Yogyakarta, U., 2021, ‘Pengembangan Objek Wisata CIMA HILL VIEW’’ di Desa Terong, Kabupaten Bantul’, Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 129–139.

Sriyadi, S., 2016, ‘Model Pengembangan Agrowisata Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus di Desa Kebon Agung Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul DIY)’, AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, 2(2), 152–160.

Taufik & Ayuningtyas, E.A., 2020, ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Dan ( the Impact of Covid-19 Pandemic on Business and Online’, Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21–32.

Taufik, M., 2020, ‘PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN KERIPIK IKAN MAS DI DESA CIASIHAN, KECAMATAN PAMIJAHAN, KABUPATEN BOGOR’, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), 134–138.

Trisnawati, A.E., Wahyono, H. & Wardoyo, C., 2018, ‘Pengembangan Desa Wisata dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 29–33.

Downloads

Additional Files

Published

2022-08-23

Issue

Section

Articles

Citation Check