Bimbingan Intensif Dalam Persiapan USBN Siswa KLS VI SD Hidayatur Rohman
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v1i2.212Keywords:
Bimbingan Intensif, USBN, Siswa KLS VIAbstract
USBN dilaksanakan sebagai upaya untk meningkatkan mutu pendidikan nasional yang diamanatkan oleh Pemerintah dalam Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional pendidikan. Kegiatan Bimbingan Intensif yang dilaksanakan pada siswa kelas 6 SD Hidayatur Rohman ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa SD menghadapi USBN tahun pelajaran 2017/ 2018 salah satunya adalah meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal USBN khususnya pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis melalui penilaian terhadap soal matematika yang diberikan pada siswa kelas VI. Kegiatan Bimbingan Intensif ini dilaksanakan dengan 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Dari hasil Bimbingan Intensif yang dilaksanakan selama 5 hari, terlihat bahwa nilai rata-rata siswa dalam mata pelajaran matematika adalah 63,34 dengan nilai terendah sebesar 32,64 dan nilai tertinggi sebesar 95,57. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 19,87%. Dimana nilai rata-rata kelas yang didapatkan saat pre-test adalah sebesar 52,84 dengan nilai terendah sebesar 31,3 dan nilai tertinggi sebesar 83,25. Ini berarti bahwa kemampuan mereka dalam memahami soal dan keterampilan mereka dalam menyelesaikan soal sudah cukup lumayan meskipun masih belum bisa dikatakan memuaskan.
References
Buku Pedoman Program Kegiatan KLS VI Jenjang Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
Kisi-kisi USBN Sekolah Dasar/ MI Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sudjana, Nana, Ibrahim. (2009) Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar baru Algensindo.
http://aceh.tribunnews.com/2018/03/08/penentu-kelulusan-siswa-adalah-usbn-bukan-un
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.