Pelatihan Teknik Acting AS Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Nurhidayatullah Nurhidayatullah STKIP Andi Matappa, Indonesia
  • Salmiati Salmiati STKIP Andi Matappa, Indonesia
  • Abdul Wahid STKIP Andi Matappa, Indonesia
  • Firdha Razak STKIP Andi Matappa, Indonesia
  • Muhammmad Ilham Bakhtiar STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i2.2129

Keywords:

Teknik Acting AS, Minat Belajar siswa

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMA mengenai cara meningkatkan Minat belajar Siswa di era sekarang karena banyak factor yang membuat rasa minat belajar siswa semakin berkurang apalagi di era teknologi seperti sekarang Gadget tidak bisa dipungkiri di dunia anak-anak dan orang dewasa sekali pun. Namun, ditemukan masih kurangnya pemahaman mengenai cara bagaimana mereka dapat meningkatkan pemahaman tentang minat belajar agar mereka dapat termotivasi dalam kegiatan belajar di sekolah . Metode yang digunakan berupa penyampaian materi secara langsung dimana kita bertemu dengan siswa-siswa sekolah untuk langsung memberikan pemahaman tentang cara meningkatkan minat belajar mereka dengan melalui tekni Acting AS Hasil dari kegiatan ditemukan bahwa peserta mengetahui maksud dari Teknik Acting AS dalam meningkatkan minat belajar siswa itu terlihat meningkat

References

Aunurrahman, 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta

Corey, G. 2015. Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Alihbahasa Koswara. Bandung: Refika Aditama

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta

Hartinah, S. 2009 Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama

Hurlock, E. 2011. Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Iqbal, D. 2016. Pengaruh Teknik Acting As If terhadap Kemampuan Mengelola Diri Siswa Di SMA 1 Kediri Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Vol 1 No 3.

Kadir. 2016. Statistika Terapan. Konsep, Contoh dan Analisis Data Menggunakan Program SPSS/Lisrel dalamPenelitian. Jakarta: Rajawali Press

Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Marthen, A dan Anik, P. 2013. Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Inovasi. Vol 2 No 1

Rahardja, U, T dan Sulo, L, La. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sinring, A dkk. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi Program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan UNM

Slameto. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, D., K. Desak P.E. Nila K. 2010. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Additional Files

Published

2022-05-30

Issue

Section

Articles

Citation Check