Peningkatan Keterampilan Bagi Guru BK dalam Melakukan Pendampingan Psikososial pada Siswa Penyintas Gempa

Authors

  • Abdullah Pandang Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Danial Universitas Sulawesi Barat
  • Hardi Hamzah Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i3.2135

Keywords:

Psikososial, Gempa, Bimbingan Konseling.

Abstract

Tujuan pelatihan pendampingan psikososial Kepada guru-guru Bimbingan Konseling (BK) ini sebagai bentuk antisipasi dan mitigasi bencana non fisik siswa penyintas gempa Sulawesi agar memiliki pemahaman konsep dan teknis dalam pemulihan trauma psikis pasca bencana. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara synchronous learning menggunakan platform zoom disesuaikan dengan kondisi pandemi yang berlangsung dari tanggal 15-18 Juli 2021 dan dilanjutkan dengan asynchronous learning yaitu pendampingan peserta menggunakan platform Google Classroom. Kegiatan diawali dengan brainstorming permasalahan siswa dan kebutuhan layanan BK. Selanjutnya diberikan penjelasan dan pemberian contoh penggunaan keterampilan dari instruktur berfokus kepada penyintas gempa. Terakhir, praktik simulasi dengan metode mikro, yaitu peserta bergantian berperan sebagai konselor, konseli, dan pengamat. Jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 69 orang guru BK se-Sulawesi Barat. Setelah pelaksanaan kegiatan diperoleh respon positif dari peserta terhadap pelaksanaan kegiatan dimana sebagian besar peserta mempunya pemahaman konsep dan teknis tentang pendampingan peserta didik pasca bencana. Berdasarkan evaluasi kegiatan ditemukan bahwa peserta memberikan respon positif terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan, dengan 95 % peserta merasa terbantu dengan kegiatan ini yang sangat kontekstual dengan kondisi yang dialami oleh peserta penyintas gempa.

References

Al-Samarraie, H., & Hurmuzan, S. (2018). A review of brainstorming techniques in higher education. Thinking Skills and Creativity, 27, 78–91. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.12.002

Aurizki, G. E., Efendi, F., & Indarwati, R. (2020). Factors associated with post-traumatic stress disorder (PTSD) following natural disaster among Indonesian elderly. Working with Older People, 24(1). https://doi.org/10.1108/WWOP-08-2019-0020

Ayuningtyas, I. P. I. (2017). Penerapan strategi penanggulangan penanganan PTSD (Post Traumatic Stress Disorder ) pada anak-anak dan remaja. ASEAN School Counselor Conference on Innovation and Creativity in Counseling, 47–56. http://ibks.abkin.org

Day, N., & Shloim, N. (2021). Therapists’ experiences of working with the intergenerational impact of troubles-related trauma. Psychotherapy and Politics International, 19(2). https://doi.org/10.1002/ppi.1585

Hartono, D., Khoirudin Apriyadi, R., Winugroho, T., Aprilyanto, A., Hadi Sumantri, S., Wilopo, W., & Surya Islami, H. (2021). Analisis Sejarah, Dampak, Dan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Pada Saat Pandemi Covid-19 Di Sulawesi Barat. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2). https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.218-224

Ipser, J. C., & Stein, D. J. (2012). Evidence-based pharmacotherapy of post-traumatic stress disorder (PTSD). International Journal of Neuropsychopharmacology, 15(6), 825–840. https://doi.org/10.1017/S1461145711001209

Javidi, H., & Yadollahie, M. (2012). Post-traumatic Stress Disorder. The International Journal of Occupa- Tional and Environmental Medicine, 3(1), 2–9.

Lopes, A. P., Macedo, T. F., Coutinho, E. S. F., Figueira, I., & Ventura, P. R. (2014). Systematic review of the efficacy of cognitive-behavior therapy related treatments for victims of natural disasters: A worldwide problem. In PLoS ONE (Vol. 9, Issue 10). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0109013

Marsh, T. N., Coholic, D., Cote-Meek, S., & Najavits, L. M. (2015). Blending Aboriginal and Western healing methods to treat intergenerational trauma with substance use disorder in Aboriginal peoples who live in Northeastern Ontario, Canada. Harm Reduction Journal, 12(1). https://doi.org/10.1186/s12954-015-0046-1

Murdiono, A et al. (2020). Simulasi dan Trauma Healing Pasca Gempa pada Peserta Didik SDN 1 Sambik Bangkol Nusa Tenggara Barat. Jurnal Karinov, 3(2).

Parslow, R., Purcell, R., Garner, B., & Hetrick, S. E. (2008). Combined pharmacotherapy and psychological therapies for post traumatic stress disorder (PTSD). Cochrane Database of Systematic Reviews, 3. https://doi.org/10.1002/14651858.CD007316

Pratiwi, S. A. (2017). Play Therapy untuk Post Traumatic Stress Disorder pada Anak Korban Bencana. Proceeding International Conference, 31–38. http://ibks.abkin.org

Rusmana, N., Hafina, A., & Suryana, D. (2020). Group Play Therapy for Preadolescents: Post-Traumatic Stress Disorder of Natural Disaster Victims in Indonesia. The Open Psychology Journal, 13(1). https://doi.org/10.2174/1874350102013010213

Tambunan, S. (2021). STRATEGI MENGATASI TRAUMA PADA KORBAN BULLYING MELALUI KONSELING EKSISTENSIAL. Jurnal Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 7(2), 214–224. http://journal.iaimsinjai.ac.id/indeks.php/mimbar

Tsai, M. N., Liao, Y. F., Chang, Y. L., & Chen, H. C. (2020). A brainstorming flipped classroom approach for improving students’ learning performance, motivation, teacher-student interaction and creativity in a civics education class. Thinking Skills and Creativity, 38(September), 100747. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100747

Wang, D., & You, X. (2022). Post-disaster trauma and cultural healing in children and adolescents: Evidence from the Wenchuan earthquake. Arts in Psychotherapy, 77. https://doi.org/10.1016/j.aip.2021.101878

Widyastuti, C., Widha, L., & Aulia, A. R. (2019). Play Therapy Sebagai Bentuk Penanganan Konseling Trauma Healing Pada Anak Usia Dini. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(1), 100–111. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-08

Wilson, K. N., Aba, E., & Aggrey, M. (2012). Retirement Planning and Counseling: Issues and Challenges for Teachers in Public Schools in the Sekondi Circuit. US-China Education Review.

Downloads

Published

2022-09-03

Issue

Section

Articles