Pemberdayaan Perempuan Pedukuhan Sidorejo Menuju Kelompok Ekonomi Produktif

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i3.2164

Keywords:

Productive Economy, Padukuhan, Women's Group.

Abstract

Tujuan program pengabdian masyarakat (PKM): 1) Mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan pemasaran produk olahan hasil kelompok perempuan 2) Meningkatkan jiwa kemandirian dan motivasi dalam menghadapi permasalahan ekonomi rumah tangga. 3) Mampu menciptakan budaya kemandirian perempuan dalam lingkup luas di pedesaan. 4) Membentuk perempuan mandiri, produktif, dan sejahtera. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan komunikasi dan persuasif. Pihak terkait melibatkan aparat desa, tokoh masyarakat, observer lapangan, perkenalan, membangun komitmen, menggali masalah, membangun motivasi, pelatihan mental kewirausahaan. Hasil yang dicapai kegiatan penyuluhan dan pelatihan PKM ini adalah 1) melalui penyuluhan kesadaran gender dan pelatihan analisis kesadaran gender bagi anggota kelompok. 2) Membangun kembali usaha bersama dalam pengembangan keterampilan. 3) Melalui kegiatan menggali masalah potensi perempuan dan potensi alam dapat dikembangkan menjadi modal dasar ekonomi produktif. 4) Melalui kegiatan penyuluhan manajemen usaha , kelompok perempuan dapat memahami pentingnya manajemen usaha. Penyuluhan tentang hiegine dan sanitasi dapat memningkatkan pengetahuan kelompok untuk mengetahui pentingnya pengolahan pangan yang bersih, sehat dan ama. 5) Penyuluhan tentang teknik pengemasan dan pelabelan menambah keterampilan kelompok dalam mengemas produk menjadi lebih menarik.

Author Biography

Padrul Jana, Universitas PGRI Yogyakarta

Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruab dan Ilmu Pendidikan

Universitas PGRI Yogyakarta

References

Agustina, T., Rudiansyah, M., & Rio Mursyid Wijaya, M. (2020). Penyuluhan Bagi Ibu-Ibu Penggerak Ekonomi Produktif Rintisan Di Kecamatan Daha Utara Education for Production Active Mother Motives in Daha Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10–17. https://ejurnal.stimi-bjm.ac.id/index.php/BBJM/

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Armiani, S., Fajri, S. R., Sukri, A., & Pidiawati, B. Y. (2020). Pelatihan Pembuatan Masker Sebagai Upaya Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Desa Anyar Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2550

Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah.’ National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1316

Hanafiah, H., Rahman, A., Asnawi, A., & Suwardi, A. B. (2019). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir Melalui Budidaya Semangka Pada Lahan Non Produktif. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu “ Inovasi Produk Penelitian Pengabdian Masyarakat & Tantangan Era Revolusi 4.0 Industri “, 2, 10.

Irrubai, M. L. (2015). Strategi Labeling, Packaging Dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Society, 6(1), 15–30. https://doi.org/10.20414/society.v6i1.1462

Lastuti, S., & Anisah. (2019). Pemberdayaan Ibu-Ibu Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Desa Naru Timur Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Kue Tradisional Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 9–25.

Maulan, R., & Fikriah, V. (2020). Edukasi pengemasan dan pemasaran bagi penjual jamu gendong di Lebak Bulus, Cilandak Jakarta Selatan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10.

Priyatna, O. S., & Zahrotunnimah, Z. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dengan Program Panca Karsa Melalui Kkn Terintegritas Universitas Ibn Khaldun Bogor Tahun 2019. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 73. https://doi.org/10.32832/abdidos.v4i1.557

Puryati, D., Kuntadi, S., & Willy, S. (2019). Manajemen Usaha Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Keuangan Bagi Usaha Kecil Makanan Di Lingkungan Stie Ekuitas. Dharma Bhakti Ekuitas, 3(2), 298–302. https://doi.org/10.52250/p3m.v3i2.146

Putri, E. H. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Samarinda ( Studi Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Samarinda ). E-Journal Administrasi Negara, 5(1), 5431–5445.

Rifa’i, M., An-nazih, J., Romlah, S., Masfufah, H., Wahyuni, W., Rodiyah, H., Sholihah, W., Hasanah, M., & Aini, Q. (2022). Pkm Pendampingan Manajemen Dan Kepemimpinan. 1(1), 1–23.

Rohman, L. L., & Andadari, R. K. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 pada Usaha Rumah Tangga dan Strategi Bertahan Pendahuluan Metode. Jurnal Penelitian Dan …, 5(April), 82–90. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSH/article/view/34631

Sariningsih, Y. (2018). Kreativitas Dan Inovasi Pelaku Kube. Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1), 18. https://doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v1i1.401

Tuwu, D. (2018). Peran Pekerja Perempuan Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 63. https://doi.org/10.31332/ai.v13i1.872

Waluyo, R., Devi, A., & Amelia, A. (2020). Peningkatan Fungsisonal Elemen Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan, Kesehatan, Perekonomian dan Hukum Melalui Tekhnologi yang Membangun Kesejahteraan Masyarakat. Abdi Dosen, 4(2). http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/issue/archive

Yuliana, Y., & Tiara, S. (2019). WIRAUSAHA SEBAGAI SARANA PENOPANG EKONOMI KELUARGA BAGI IBU-IBU PKK DI DESA PEMATANG JOHAR KECAMATAN LABUHAN DELI Keberadaan kewirausahaan sebagai sebuah spirit menjadi suatu hal yang mendesak di Indonesia , terkait dengan semakin kompetitifnya lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2019 WIRAUSAHA, 600–604.

Published

2022-08-30

Issue

Section

Articles

Citation Check