Peningkatan Daya Saing UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing

Authors

  • Nanik Prasetyoningsih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Mujiyana Mujiyana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Kelik Iswandi Universitas Gadjah Mada, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-4370-4396
  • Dyah Pikanthi Diwanti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Muhari Muhari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i3.2179

Keywords:

Purwo batik, digital marketing, geplak salak, production, Micro, Small, and Medium-Sized Enterprises

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini mendampingi 2 UMKM Batik Purwo dan UMKM Olsa Merapi. Kedua UMKM tersebut didirikan oleh Kelompok Wanita Tani Padukuhan Tawangrejo. Kedua UMKM tersebut, sudah lama berproduksi, bahkan sudah mendapatkan pasar yang tetap, akan tetapi ketika masa pandemi COVID-19, produksi turun hingga 50% sehingga omset penjualan produk juga turun 30%. UMKM Batik Purwo memproduksi kain batik dengan motif khas Tawangrejo, sementara UMKM Olsa Merapi memproduksi geplak salak. Kedua UMKM tersebut menyadari bahwa selama ini pemasaran produk dilakukan secara konvensional, sehingga cakupan pasar menjadi semakin menyempit selama pandemi COVID-19, maka diperlukan inovasi dalam hal pemasaran produk. Penyuluhan digital marketing dilaksanakan guna mendukung penyebarluasan produk kedua UMKM tersebut, mengingat pemasaran melalui berbagai sosial media dapat memperluas pasar serta jaringan penjualan, mempermudah dalam melakukan transaksi, serta dapat memberikan pelayanan selama 24 jam penuh. Penyuluhan digital marketing sangat menunjang para pegiat di kedua UMKM untuk lebih aktif memasarkan produknya melalui handphone serta meningkatkan produktivitasnya.

Author Biographies

Nanik Prasetyoningsih, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Magister Hukum Program Pascasarjana

Mujiyana Mujiyana, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Fakultas Hukum

Kelik Iswandi, Universitas Gadjah Mada

Magister Perdamaian dan Resolusi Konflik

Dyah Pikanthi Diwanti, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Fakultas Agama Islam

Muhari Muhari, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Magister Hukum Program Pascasarjana

References

Atsar, A. (2021). Sosialisasi Kegiatan Penyuluhan Umkm Mewujudkan Perekonomian Masyarakat Yang Mempunyai Potensi Dan Peran Strategis Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2008. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1202–1210. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.4142

Azizah, F. N., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62.

Desai, V. (2019). Digital Marketing A Review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD), Special issue, 196–200.

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172.

Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.†(2017). Digital Marketing: A framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Kusumawati, Y., Hana, C., Derana, G. T., Tyas, R., & Suhaimi, I. (2020). Penyuluhan Tentang UMKM Bagi Ibu-Ibu PKK di Desa Sebet Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Jurnal Addikmas UKK, 1(1), 6–12.

Musnaini, Suherman, Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Digital Marketing (H. Aulia (ed.); Pertama, Issue September). CV. Pena Persada.

Putra, A. H. (2018). Peran UMKM Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162

Rachmawati, F. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Rahman, S. N., Elva, Y., & Trisna, N. (2021). Sosialisasi Aplikasi Autocad Untuk Pembuatan Desain Interior Pada UMKM Hobby Kayu Padang. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 1(2), 114–117.

Rapitasari, D. (2016). Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Application Based Digital Marketing As a Strategy To Improve Customer Satisfaction Core. Cakrawala, 10(2), 107–122.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. Komversal: Jurnal Komunikasi Universal, 2(1), 28–50.

Saura, J. R. (2021). Using Data Sciences in Digital Marketing: Framework, methods, and performance metrics. Journal of Innovation and Knowledge, 6(2), 92–102. https://doi.org/10.1016/j.jik.2020.08.001

Siregar, R., & Agustin, D. (2018). Penyuluhan Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemuda Melalui Sosial Media Dalam Persiapan Menghadap Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 33–44. https://doi.org/https://doi.org/10.52643/pamas.v2i2.400

Srijani, K. N. (2020). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 8(2), 191. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118

Suci, Y. R. (2007). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51–58.

Suharyono, S., Dwi Astuti, Marhadi Sastra, & Lidya Wati. (2022). Implementasi Program Pengembangan Kewirausahaan di Politeknik Negeri Bengkalis. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 618–632. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.8603

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing (N. A. Fransiska (ed.); Pertama). Edulitera.

Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science And Business Administration, 1(5), 69–80.

Yuwana, S. I. P. (2020). Coronanomics: Strategi Revitalisasi UMKM Menggunakan Teknologi Digital di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(1), 47–59.

Downloads

Published

2022-08-24

Issue

Section

Articles

Citation Check