Pelatihan Bimbingan Karier Berkelanjutan Untuk Menciptakan Peluang Kerja Pada Era Digital Untuk Masyarakat

Authors

  • Sinta Saraswati Universitas Negeri Semarang
  • Kusnarto Kurniawan Universitas Negeri Semarang
  • Edwindha Pafitra Nugraheni Universitas Negeri Semarang
  • Afriyadi Sofyan Universitas Negeri Malang
  • Vira Mulyawati universitas negeri semarang

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i4.2198

Keywords:

Bimbingan Karier, Peluang Kerja, Era Digital, Masyarakat

Abstract

Abdimas ini berupaya agar masyarakat memiliki perencanaan dan komitmen yang lebih baik dalam kariernya; mengembangkan jejaring sosial dan kesempatan pengembangan diri; lebih dari itu juga agar masyarakat lebih mampu membuat keputusan karier yang tepat. Prosedur kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu: (a) analisis situasi dan permasalahan, (b) identifikasi peserta, (c) pelaksanaan pelatihan, dan (d) evaluasi pelatihan. Pelatihan dilaksanakan dengan metode bimbingan kelompok sebanyak 2 sesi. Evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa secara umum peserta pelatihan telah mencapai indikator yang diharapkan yaitu: 1) Kemampuan peserta dalam mengidentifikasi profil dirinya yang meliputi bakat/ keahlian, minat dan karakter/ nilai pribadinya. 2) Kemampuan peserta ketika menentukan arah karier yang hendak dieksplorasi dan direncanakan ke depannya. 3) Kelengkapan peserta untuk mencari tahu berbagai informasi kariernya. Peserta juga telah mampu mengaplikasikan materi pelatihan dalam merencanakan masa depannya. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta sebelum dan setelah mendapatkan pelatihan.

References

Alwi, N. (2021). Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling Luar Sekolah Pada Remaja Panti Asuhan. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 217-223. doi:http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1057

Awaliyah, A. (2010). Meningkatkan Penyesuaian Diri Dalam Pemilihan Karier Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 14 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Ayu, I. W., Zulkarnaen, Z., & Fitriyanto, S. (2022). Budaya Digital Dalam Transformasi Digital Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 5(1), 20-25.

De Vos, A., Dujardin J.M., Gielens, T, Meyers, C. 2016. Developing Sustainable Careers Across the Lifespan: European Social Fund Network on Career and AGE (Age, Generations, Experience). Springer.

Ekasari, D. (2021). Teknik Experiential Learning Dalam Layanan Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Peserta Didik. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 4(2), 241-255.

Hanggara, G. S. (2016). Keefektifan “proses guru†sebagai teknik bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMK. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(4), 148-157.

Haolah, S., Rohaeti, E. E., & Rosita, T. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kematangan Karier. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(1), 1-8.

Hirschi, A. (2011). Callings in career: A typological approach to essential and optional components. Journal of Vocational Behavior, 79(1), 60-73.

Lord, R. G., & Maher, K. J. 1990. Alternative information-processing models and their implications for theory, research, and practice. Academy of Management Review, 15(1), 9–28.

Mazaya Nur Afifah Rahman, A. (2020). Upaya Memantapkan Rencana Karier Melalui Layanan Bimbingan Karier Menggunakan Genogram Pada Peserta Didik Kelas Xi Madrasah Aliyah (Ma) Mathla’ul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Mirawati, M. (2018). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dan Kekompakan Kelompok Dalam Memantapkan Perencanaan Karir Siswa SMA Budi Agung Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 14-28.

Nagy, N., Froidevaux, A., & Hirschi, A. 2018. Lifespan Perspectives on Careers and Career Development. In B. Baltes, C. Rudolph, & H. Zacher (Eds.). Work across the lifespan (pp. 1–43). New York: Elsevier.

Nengsih, N. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perencanaan arah karier siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. AL-IRSYAD, 7(1).

Nurdiansyah, C. (2018). Analisa Semiotik Makna Motivasi Berkarya Lirik Lagu Zona Nyaman Karya Fourtwenty. Jurnal Komunikasi, 9(2), 161–167.

Parasuraman, S., Greenhaus, J. H., & Linnehan, F. 2000. Time, person-career fit, and the boundaryless career. Trends in Organizational Behavior, 7, 63–78.

Purnomo, C. (2014). Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjut melalui Metode Debat Aktif dalam Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Pendidikan Penabur, 22(14), 1-11.

Saragih, N. D. (2022, July). Menyiapkan Pendidikan Dalam Pembelajaran Di Era Society 5.0. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.

Sari, M. R., Barida, M., & Susilowati, N. (2022). Upaya Meningkatkan Identitas Vokasional Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Experiential Learning Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Gombong. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 3775-3778.

Savickas & Porfeli (2012) Career Adapt-Abilities Scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. June 2012. Journal of Vocational Behavior. Volume 80 (3): 661-673

Sulistiyanti, D., & Fitria, E. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi Kartu Uno Terhadap Eksplorasi Karier. PD ABKIN Jatim Open Journal System, 1(2), 29-49.

Supriatna, M., & Budiman, N. (2009). Bimbingan karier di smk. Dalam e-book. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI_PEND_DAN_BIMBINGAN/197102191998021-NANDANG_BUDIMAN/BIMBINGAN_KARIER_DI_SMK.pdf

Van der Heijden, B. I. J. M. 2005. No one has ever promised you a rose garden. On shared responsibility and employability enhancing strategies throughout careers. Inaugural address Open University of the Netherlands. Heerlen: Open University of the Netherlands. Assen: Van Gorcum.

Wang, X. S., Armstrong, M. E. G., Cairns, B. J., Key, T. J., & Travis, R. C. 2011. Shift work and chronic disease: The epidemiological evidence. Occupational Medicine, 61(2), 78–89.

Winarsih, W., & Gufron, M. (2022). Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencapai Kematangan Karier Siswa Kelas Xii Di Smk Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Edsuaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 82-101. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.40

Downloads

Published

2022-11-27

Issue

Section

Articles