PKM Pelatihan Literasi Data bagi Siswa dan Guru

Authors

  • Bobby Poerwanto Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Asri Ismail Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i3.2215

Keywords:

Literasi Numerasi, Literasi Data, Merdeka Belajar

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta terkait dengan literasi numerasi khususnya pada literasi data dimana para peserta diharapkan mampu memahami dan membuat penyajian data, serta berpikir berlandaskan data dalam mempuat keputusan. Peserta pada kegiatan ini adalah guru dan siswa SMPN 3 Polewali berjumlah 45 orang. Dalam pelaksanaannya, kegiatan terdiri dari 3 sesi yaitu sesi pengarahan dan pengenalan, sesi pemberian materi, dan tanya jawab. Di akhir kegiatan, umpan balik yang diberikan peserta dalam hal kesesuaian materi dengan kebutuhan, kemudahan penerapan materi, sistematika penyampaian materi, dan penguasaan materi narasumber sangat baik.

References

Ali, B., & Poerwanto, B. (2017). Motivasi dan Hasil Belajar Statistika Menggunakan Multimedia Pembelajaran Program Studi Teknik Informatika UNCP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 59–69.

Aswi, Poerwanto, B., & Sudarmin. (2022). Pelatihan Analisis Spasial Menggunakan R Studio. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 50–57.

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Hendrawati, N. E., Muttaqin, N., & Susanti, E. (2020). Etnomatematika : Literasi Numerasi Berdasarkan Bahasa pada Suku Kowai Kabupaten Kaimana. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 239–243.

Kemendikbud RI. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. In Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 2). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah tidak Terstruktur. KALAMATIKA, 4(1), 69–88.

Poernomo, E., Kurniawati, L., Siti, K., & Atiqoh, N. (2021). Studi literasi matematis. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100.

Poerwanto, B. (2021). Evaluating the K-Means Analysis in Clustering Area Based on Estates Productivity in Tana Luwu Using Silhouette Index. Journal of Physics: Conference Series, 1752(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1752/1/012014

Poerwanto, Bobby, & Ali, B. (2018). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Kelompok Guru Kecamatan Bua Meneliti. 1, 107–112.

Pupaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 113–121.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., Irawati, T. N., Studi, P., Matematika, P., Jember, U. I., Kaliwates, K., Kaliwates, K., & Timur, J. J. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 253–261.

Tiro, M. A., Poerwanto, B., & Fahmuddin, M. (2021). Logistics Regression Modelling on Student Career Path Choices at the Statistics Department, FMIPA UNM Makassar. Journal of Physics: Conference Series, 2123(1), 012002. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2123/1/012002

Utari, W., Tambunan, E. R., Arrasyid, I. C., Fauziyah, M., Nisrina, R. H., Damanik, Y., Mulyana, A., Putri, H. E., & Sari, N. T. A. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Bagi Guru SDN 9 Nagrikaler untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematis Siswa. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(2), 142–152.

Downloads

Published

2022-09-06

Issue

Section

Articles

Citation Check