PKM Bagi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Alat Peraga Berbasis Pendekatan Matematika Realistik

Authors

  • Murni Sulistyaningsih Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Derel Filandy Kaunang Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Navel Oktaviandy Mangelep Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v1i2.226

Keywords:

PKM, Alat Peraga, Pometika, Matematika Realistik

Abstract

Pemanfaatan media/alat peraga sebagai alat bantu dalam pembelajaran dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan pembelajaran matematika. Ada dua manfaat penting alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD. Pertama, secara psikologis, taraf berpikir peserta didik anak di SD masih berada pada tahap operasi konkret, sedangkan substansi matematika bersifat abstrak, sehingga dengan memanfaatkan alat peraga peserta didik akan lebih mudah memahami konsep, prinsip matematika yang abstrak tersebut. Kedua, pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran matematika di SD dapat menumbuhkan rasa senang peserta didik untuk belajar matematika. Melihat fakta yang ada semacam itu dan hasil diskusi dengan mitra maka kegiatan PKM ini dimaksudkan untuk menyiapkan kelompok guru (KKG) SD di Kecamatan Tondano Barat dalam membuat dan mengimplementasikan media/alat peraga pada pembelajaran matematika yang berorientasi pada pendekatan matematika realistik. Metode yang digunakan adalah pemberian matemri, workshop, dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini antara lain meliputi (1) Telah didesain materi pembelajaran matematika dapat dibuatkan media / alat peraga yang disimpan di PoMeTika, (2) Guru mampu mendesain pembelajaran dengan pendekatan realistik dengan memanfaatkan sarana media/alat peraga yang ada pada PoMeTika.

References

Afgani, M. (2009). Pengembangan Media Website pada Materi Program Linear di Sekolah Menengah Atas. Tesis Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya. Palembang: Unsri.

Runtukahu, Y., Wenas, R., Manurung, O., & Mangelep, N. (2015). Pengembangan Soal Cerita Matematika Dengan Strategi Pemecahan Masalah Polya. JSME MIPA UNIMA, 3(5).

Manambing R, Domu I, & Mangelep, N. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar, JSME MIPA UNIMA, 5(2)

Mangelep, N. O. (2014). Implementasi Workshop Pembelajaran Bangun Datar Dengan Pendekatan PMRI Bagi Guru Sekolah Dasar. Engineering and Education (E2J), 2(2).

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika - VI, (KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Downloads

Published

2018-09-30

Issue

Section

Articles

Citation Check