Pentingnya PTK Bagi Guru

Authors

  • Sitti Busyrah STKIP Andi Matappa Pangkep
  • Herman Alimuddin STKIP Andi Matappa
  • Rahmat Kamaruddin STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v1i2.231

Abstract

. Tujuan IbM ini adalah untuk memecahkan masalah prioritas yang disepakati oleh Tim Pelaksana dan Mitra, yaitu cara melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) hingga pembuatan laporannya. Melalui pelatihan ini, diharapkan dihasilkan laporan penelitian tindakan kelas, artikel untuk dipublikasi di jurnal ber-ISSN dan sertifikat bagi peserta pelatihan. Sebagai upaya menyelesaikan persoalan mitra di atas, ditawarkan metode Pelatihan PTK yang Berorientasi Laporan Hasil Penelitian. Selanjutnya, untuk mendukung realisasi metode yang ditawarkan, prosedur kerja metode ini adalah pengenalan konsep dasar PTK, penyajian cara praktis melakukan PTK dan membuat laporan hasil pelaksanaannya, serta membimbing dan menuntun guru-guru mitra secara intensif dengan alokasi waktu yang relatif banyak untuk berdiskusi tentang pelaksanaan PTK hingga diperoleh sebuah produk berupa laporan penelitian tindakan kelas dan artikel untuk dipublikasi di jurnal ber-ISSN.

References

Angka Kredit Kenaikan Jabatan Guru Terbaru, berlaku 1 Januari 2013. http://marhenyantoz.wordpress.com/2012/01/26/angka-kredit-kenaikanjabatan-guru-terbaru-berlaku-1-januari-2013/ [Diakses 10 Februari 2015]

Ary, Donald; Jacobs, Lucy Cheser; Sorensen, Christine K., & Razavieh, Asghar. 2010 Introduction to Research in Education. USA: Wadsworth Cengage Learning

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 35 tahun 2010, http://www.dikti.go.id/files/atur/Permen35-2010.pdf [Diakses 10 Februari 2015]

Downloads

Published

2018-09-29

Issue

Section

Articles

Citation Check