Pelatihan Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Bagi Guru MTs

Authors

  • Akhmad Harum Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Anas Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Suciani Latif Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nur Wafia Nur Balai Diklat Keagamaan Makassar, Indonesia
  • Agrianur Rahman MAN IC Gowa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i4.2391

Keywords:

Bimbingan, Konseling, MTs

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman Guru BK dalam melaksanakan layanan BK di sekolah sebagai bentuk profesional dengan mempelajari dan mempraktikan layanan dasar, responsive, perencanaan individual dan dukungan sistem. Metode yang digunakan adalah: ceramah, praktek, tanya jawab, dan pendampingan langsung pelaksanaan bimbingan dan konseling. Materi yang diberikan adalah Konsep Bimbingan dan Konseling MTs, Program Bimbingan dan Konseling MTs, Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling MTs, Layanan peminatan dan perencanaan Individual, Penilaian Bimbingan dan Konseling MTs, Pelaporan Kegiatan Bimbingan dan Konseling MTs dan Penelitian Bimbingan dan Konseling. Hasil Pengabdian yaitu (1) hasil pelatihan 96% peserta menyatakan pelatihan ini memberikan manfaat yang sangat besar dalam  peningkatan pemahamana dan kemampuan pelayanan bimbingan dan konseling guru BK di MTs. (2) Setelah dilakukan pelatihan terdapat peningkatan kemampuan guru BK di MTs dalam pelaksanaan layanan BK di sekolah. Terdapat 60 orang atau 91% peserta sudah sangat mampu memahami konsep BK dan mampu melaksanakan layanan BK berupa implementasi Teknik-teknik konseling yang sesuai dengan permasalahan yang dialami siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan pengaruh yang sangat besar dalam membuat meningkatkan kemampuan guru BK dalam pelaksanaan layanan BK di sekolah

Author Biographies

Akhmad Harum, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNM

Muhammad Anas, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNM

Suciani Latif, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNM

Nur Wafia Nur, Balai Diklat Keagamaan Makassar

Balai Diklat Keagamaan Makassar

Agrianur Rahman, MAN IC Gowa

MAN IC Gowa

References

Asrori. (1990). Unjuk kerja Petugas Bimbingan dalam Melaksanakan Konseling Dikaji dari Latar Belakang Pendidikan dan Iklim Organisasi Sekolah. Tesis Magister SPs UPI, SPs UPI(Tidak diterbitkan).

Awalya, A., Indriyanti, D. R., Arinata, F. S., & ... (2022). Peningkatan Kompetensi Kolaborasi Konselor Sekolah Melalui Program Pelatihan di Musyawarah Guru Bimbingan Dan Konseling (MGBK) Kabupaten Semarang. Journal of …, 2(1), 27–31. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/view/52290%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JCE/article/download/52290/21495

Febriyadi, H. (2010). Program Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling SMA/SMK di Rangkas Bitung. Tesis Magister SPs UPI, Tidak dite.

Gibson,R L; Mitchell, M. H. (2011). imbingan dan Konseling (Edisi Indonesia-Edisi ke Tujuh). Pustaka Pelajar.

Ilfiandra, A.M dan Ipa, S. (2006). Peningkatan Mutu Tata Kelola Layanan Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Menengah Atas di Provinsi Jawa Barat.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008. (2008). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. In Kementerian Pendidikan Indonesia.

Prayitno, P. & E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (2nd ed.). PT. Asdi Mahasatya.

Suprihatin. (2018). Bimbingan dan Konseling Islam Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling UIN STAI Maarif Kota Jambi . Jl . Kh . Abdurrahman Wahid , Jambi Selatan , Talang Bakung , Talang Informasi Artikel Sejarah Artikel : 1(20), 14–26.

Surya, M. (2009). Psikologi Konseling. Maestro.

Trisnowati, E. (2009). Program Pelatihan Ketrampilan Konseling bagi Konselor di Sekolah. Tesis Magister SPs UPI, Tidak dite.

Trisnowati, E. (2016). Program Pelatihan Ketrampilan Konseling Bagi Konselor di SMP/ Mts Negeri Se-Kota Pontianak. Sosial Horizon : Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 193–205.

Winkel, W. . (1998). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Rizqi Press.

Downloads

Published

2022-11-27

Issue

Section

Articles

Citation Check