Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BK Berbasis Hots Bagi Guru

Authors

  • Abdul Saman Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • akhmad harum Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Anas Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Suciani Latif Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Ilham Bakhtiar STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i4.2426

Abstract

Pengembangan perangkat Rencana Pelaksanaan layanan (RPL) dasar diyakini sebagai panduan dalam melaksanaakan rencana layanan BK.  Rencana pelaksanaan layanan BK merupakan uraian detail dari program yang menggambarkan struktur isi program, baik kegiatan di sekolah maupun luar sekolah, dan untuk memfasilitasi siswa mencapai tugas perkembangan atau kompetensi. Pelatihan ini diikuti oleh peserta sebanyak 27 orang. Pelatihan pengembangan perangkat RPL berbasis HOTS bagi guru MGBK di Kabupaten Majene. Kegiatan pelatihan diawali dengan pemberian informasi mengenai konsep pengembangan perangkat RPL, membuat Tujuan berdasarkan SKKPD dan kata kata operasional yang menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, selanjutnya Menyusun langkah-langkah kegiatan yang dilakukan berdasarkan topik dan Teknik/metode yang dikembangkan. Pelatihan pengembangan perangkat RPL berbasis HOTS dalam meningkatkan kemampuan guru BK Menyusun program BK dan menjadi dasar melaksanakan berbagai layanan BK di sekolah. Hal ini tergambarkan dari hasil analisis angket dan lembar kerja yang dibagikan peserta melalui google form, dimana secara keseluruhan. Keberhasilan ini terlihat dari sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan pelatihan. Dari lembar evaluasi yang dibagikan secara online menunjukkan 74% peserta telah sangat memahami materi pelatihan yang diberikan dan 26% peserta cukup memahami materi yang diberikan

Author Biographies

Abdul Saman, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNM

akhmad harum, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNM

Muhammad Anas, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Suciani Latif, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Muhammad Ilham Bakhtiar, STKIP Andi Matappa

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNM

References

Ardimen, & Zuwirda. (2015). IMPLEMENTASI PROGRAM MUSYAWARAH GURU BK (MGBK) SLTP KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. PROSIDING: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling dan Konsorsium Keilmuan BK di PTKI Batusangkar (pp. 46-61). Batusangkar, Sumatera Barat: PTKI Batusangkar.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Famukhit, M. L. (2020). PELATIHAN DESAIN PROMOSI USAHA MENGGUNAKAN CANVA PADA SMK DIPONEGORO TULAKAN KABUPATEN PACITAN. Journal of Social Empowerment, 5(1), 1-5.

Gehred, A. P. (2021). Canva. Journal of the Medical Library Association, 109(1), 338-340.

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan Dan Konseling . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Orui, M., Fukasawa, M., Horikoshi, N., Suzuki, Y., & Kawakami, N. (2021). The ongoing activities of livelihood support counselors following nuclear disaster under the COVID-19 restrictions: A preliminary. Public Health in Practice, November(2021), 100107.

Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK ANGGOTA KOMUNITAS IBU PROFESIONAL BANYUMAS RAYA. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(1), 42-51.

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Sholeh, M., Rachmawati1, R. Y., & Susanti, E. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUK UKM. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436.

Smaldino, S., Lowther, D., & Mims, C. &. (2019). Instructional Technology and Media for Learning, 12th Edition. Amerika Serikat: Eastern Connecticut State University.

Sulistyowati, M. D. (2018). Pengelolaan MGBK Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling SMA/MA. Media Manajemen Pendidikan, 1(2), 169-176.

Winkel, W. (2012). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2023-02-06

Issue

Section

Articles

Citation Check