Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus Kompiang Sujana di Kota Denpasar

Authors

  • Rini Kristiantari PGSD FIP Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v1i2.247

Keywords:

Pelatihan, Karakter, Berbasis Kelas, Guru, sekolah dasar

Abstract

Kota Denpasar sebagai ibu kota Propinsi Bali menyimpan harapan yang cukup tinggi di bidang pendidikan yakni terwujudnya proses pembelajaran yang baik dan berdampak pada dihasilkannya SDM-SDM Kota Denpasar yang mumpuni di bidangnya serta berkarakter. Strategi  penguatan pendidikan karakter berbasis kelas dilakukan dalam  bentuk pelatihan dan pendampingan. tindak pembelajaran yang dilakukan ini meningkatkan kinerja guru dalam hal menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa bagi siswa sekolah dasar. Perilaku siswa yang semula cenderung diam, egois, dan pasif, tidak bertanggungPengabdian pada Masyarakat P2M ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru-guru sekolah dasar di Gugus Kompiang Sujana Kota Denpasar berkaitan dengan teknik menyusun serta mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sekaligus mengimplementasikannya pada kegiatan pembelajaran di kelas. Ada lima karakter utama yang dikaji pada kegiatan ini yakni Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong royong, dan Integritas. Subjek sasaran P2M ini adalah guru-guru sekolah dasar yang bertugas di lingkugan Gugus Kompiang Sujana Kota Denpasar. Kegiatan P2M dikemas dalam bentuk Pelatihan serta pendampingan di sekolah-sekolah terpilih. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru-guru terpilih berhasil meningkatkan kemampuannya di dalam merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang di dalamnya telah mengintegrasikan karakter-karakter utama yang dikembangkan serta mengimplementasikannya di kelas.

References

Albertus, Doni Koesoema. 2015. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh.

Yogyakarta: Kanisius

Althof, W., & Berkowitz, M. W. (2006). Moral education and character education:

their 35(4), 495–518.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di

Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

DePorter, Bobb& Reardon, Mark. 2013. Coordinating Positive School Culture, Threes

Education, 25(1), 93–100. Retrieved from.http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/0305724960250110#.

Halaman 8-11

Kemdikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta:

Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Sekretariat Jenderal.

Khairudin, M., & . S. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH ISLAM TERPADU SALMAN AL FARISI YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Karakter. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1289

Kustiwi Nur Utami, Mustadi Ali. 2017. PENGEMBANGAN PERANGKA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENINGKATAN KARAKTER, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Karakter. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492

Mukadis, Ahmad. 2010. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Makalah disajikan dalam Seminar Regional di Denpasar Bali, Nopember 2010.

Mukadis, Ahmad. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa untuk Membentuk Daya Saing: PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH

ISLAM TERPADU SALMAN AL FARISI YOGYAKARTA. Jurnal

Pendidik Karakter. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/- view/12

Downloads

Published

2018-09-30

Issue

Section

Articles

Citation Check