Edukasi dan Pelatihan Pembuatan Nata de Coco Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Kelompok Masyarakat di Desa Bantan Sari

Mohamad Alkadri Perdana, Hutomo Atman Maulana

Abstract


Tujuan dari pengabdian adalah untuk memberikan edukasi dan pelatihan tentang Nata de coco dan bagaimana proses produksinya sebagai upaya meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Bantan Sari Kecamatan Bantan. Kegiatan ini dibentuk untuk memperkenalkan Nata de coco yang berasal dari air kelapa tua yang selama ini dianggap sebagai limbah kelapa, namun ternyata memiliki daya jual yang tinggi. Kegiatan diajukan sebagai jawaban atas kepedulian terhadap lingkungan dan perekonomian masyarakat di sekitar Politeknik Negeri Bengkalis. Target kegiatan ini adalah petani kelapa di Desa Bantan Sari yang belum memahami cara memproduksi Nata de coco yang dapat meningkatkan nilai produk dan bersaing di pasar. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan workshop. Metode pelatihan memberikan pemahaman tentang Nata de coco sebagai solusi cerdas dari air kelapa yang biasanya hanya dibuang sebagai limbah kini mampu diolah menjadi makanan/minuman yang tak kalah nikmat dan mempunyai nilai ekonomis. Metode workshop digunakan untuk mempraktikkan bagaimana memproduksi Nata de coco hingga siap dipasarkan.


Keywords


Edukasi; Pelatihan; Nata de Coco

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2017). Kecamatan Bantan dalam Angka, BPS Kabupaten Bengkalis.

Barlina, R. (2004). Potensi Buah Kelapa Muda untuk Kesehatan dan Pengolahannya. Jurnal Perspektif, 3(2), 46-60.

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat. (2017). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi X, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Nurdyansyah, F., Widyastuti, D.A. (2017). Pengolahan Limbah Air Kelapa Menjadi Nata de Coco oleh Ibu Kelompok Tani di Kabupaten Kudus. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 21(11), 22-30.

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (2018). Panduan Pelaksanaan Program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sumber Dana PNBP Politeknik negeri bengkalis, Politeknik Negeri Bengkalis.

Setiadi, P., Budiman, I. (2013). Efek Air Kelapa (Cocos Nucifera L.) terhadap Penurunan Tekanan Darah. https://repository. maranatha.edu/12340/.

Tih, F. dkk. Efek Konsumsi Air Kelapa (Cocos nucifera) terhadap Ketahanan Berolahraga Selama Latihan Lari pada Laki-laki Dewasa Bukan Atlet.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/matappa.v2i1.262

Article metrics

Abstract views : 108 | views : 48

Refbacks



Copyright (c) 2019 M. Alkadri Perdana, Hutomo Atman Maulana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher

STKIP Andi Matappa Pangkep

Alamat: Jalan Andi Mauraga No 70 Kabupaten Pangkep-Sulsel

Email: jurnalmatappa@gmail.com Cp. 085299898201/082192221324

 


Telah Terindex oleh:

            


Copyright of MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

    Creative Commons License      

 

View Matappa Stats