Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile untuk Siswa SMAK 2 BPK Penabur Pasirkaliki Bandung

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v6i2.2633

Keywords:

Aplikasi Mobile, Responsive Website, MIT App Inventor, Android

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan keahlian dan kemampuan pembuatan aplikasi mobile. Pada saat ini penggunaan aplikasi mobile semakin banyak digunakan, tetapi sebaliknya materi pembelajaran di bidang komputer di tingkat SMA masih dirasakan kurang memadai. Oleh karena itu SMAK 2 BPK Penabur Pasirkaliki Bandung bekerjasama dengan Program Studi Sistem Komputer Universitas Kristen Maranatha membuat pelatihan ini. Materi yang diberikan adalah pembuatan aplikasi mobile menggunakan MIT App Inventor dan aplikasi mobile berbasis web. Metode pelatihan menggunakan sistem daring dengan sebanyak tiga kali pertemuan. Para peserta pelatihan telah berhasil membuat aplikasi mobile sesuai dengan materi pelatihan. Para peserta pelatihan merasakan pentingnya materi tersebut dan dirasakan dapat diaplikasikan dan kehidupan sehari-hari. Para peserta pelatihan juga menilai bahwa narasumber memiliki kapabilitas dalam materi dan penyampain materi pelatihan dengan baik.

References

Arief, R., Nugroho, W., & Himawati, D. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Online Pembuatan Video Pembelajaran Berpotensi HKI. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 53–66. https://doi.org/10.31960/caradde.v4i1. 878 P

Dahlia, S., Tricahyono NH, & Adiputra, A. (2021). Peningkatan Kapasitas Guru Geografi Memanfaatkan Media Pembelajaran Online dan Offline di Masa Covid 19. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 651–658. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4527

Haryani, P. (2019). Sosialisasi E-Safety Parenting Sebagai Smart Solution dalam Pendampingan Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 83–92. https://doi.org/10.29407/ja.v3i1.13480

Motlan, Syah, D. H., Sinuraya, J., Panggabean, D. D., Mukti, Harahap, H., & Irfandi. (2020). PKM Pendampingan Guru-Guru SMA Mendesain Dan Menerapkan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di Era Revolusi Industri 4.0. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 328–335. https://doi.org/10.31960/caradde.v3i2.726

Rangkuty, D. M., Lubis, H. P., Herdianto, H., & Zora, M. M. (2022). Pelatihan Digital Marketing WhatsApp Group bagi Kelompok Usaha Rumah Tangga Desa Klambir Lima Kebun Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Undikma, 3(1), 43–49. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i1.5068

Ruswiansari, M., Marta, B. S., Sari, D. M., Agata, D., & Yuniarti, H. (2021). Pemanfaatan Perangkat Mengajar Digital Guna Mendukung Blended Learning. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 561–566. https://doi.org/10.31960/caradde.v4i1.723 Pemanfaatan

Setiawati, E., & Wijayanti, P. S. (2022). Pendampingan kepada Guru dalam Penyusunan Pedoman Penguatan Soft Skill Kesiapan Kerja bagi Siswa SMK Nasional. Jurnal Pengabdian Undikma, 3(2), 296–303. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5572

Sriwahyuni, E., & Adelia Alfama Zamista, A. D. (2022). Pendampingan Persiapan Tes SKB CPNS Dosen (Paham tentang Tridharma Perguruan Tinggi sejak Mula). Jurnal Pengabdian Undikma, 3(2), 277–287. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5492

Sugeng Haryono, Ariwibowo, P., & Djuhartono, T. (2019). PKM Ekonomi Produktif Melalui Technopreneurhip Bagi Guru di SMK Bisnis Dan Teknologi. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 113–123. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i1.240

Wijaya, M. C. (2019a). Perancangan Pembelajaran Fisika Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Minat Mahasiswa terhadap Mata Kuliah Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 3(1), 28–36. https://doi.org/10.31539/spej.v3i1.928

Wijaya, M. C. (2019b). The Impact of Using Multimedia Interactive Based for Learning Media on Teacher and Student Communication in Bandung. Journal Pekommas, 4(1), 53–60. https://doi.org/10.30818/jpkm.2019.2040106

Wijaya, M. C., Tanubrata, M., Lehman, A. S., Wong, H., & Tianda, A. (2021). Pelatihan Merakit Komputer Untuk Panti Sosial Asuhan Anak ( PSAA ) Darul Inayah. 4(51), 285–292. https://doi.org/10.31960/caradde.v4i2.1007

Yapinus, P. P., Karsten, L., Bayu P., E. F. S., Kesumah, G. G. T., Parera, R. Z. A., & Anderson, R. (2021). Service Learning to Increase Utilization of X Video Editing Software Features within Limited Facilities for the Youth of Gereja Kristen Pasundan Cideres. Journal of Innovation and Community Engagement, 1(2), 121–137. https://doi.org/10.28932/jice.v1i2.3373

Yapinus, P. P., Wijaya, M. C., Wong, H., Loekito, J. A., & Chandra, J. (2022). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Peningkatan Literasi Komputer Bagi Siswa. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 238–245. https://doi.org/10.31100/matappa.v5i2.1946

Yapinus, P. P., Wong, H., Lehman, A. S., Tanubrata, M., Chandra, J., Loekito, J. A., … Sinukaban, C. J. (2022). Pengenalan Komputer Disertai Pelatihan Mengetik bagi Anak Remaja Pusat Pengembangan Anak 434 Gloria Genyem Kelurahan Tabri Provinsi Papua. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.29407/ja.v6i2.16952

Downloads

Published

2023-05-17

Issue

Section

Articles

Citation Check