Pengembangan Skill Public Speaking Dalam Membentuk Personal Branding Bagi OSIS SMP N 2 Tembuku Bangli

Authors

  • Ni Putu Dhita Darma Yanti Universitas Pendidikan Nasional, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v6i2.2663

Abstract

Keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking masih belum sepenuhnya dimiliki oleh para siswa dan masih dibawah rata-rata. Keengganan untuk tampil di depan publik diakibatkan karena rendahnya rasa kepercayaan diri dan minimnya penguasaan teknik berbicara di depan umum. Selain itu, terdapat beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya lokasi tempat tinggal dan lingkungan sekitar. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan di Desa Peninjoan Bangli, dengan ini melaksankan kegiatan pelatihan public speaking dan personal branding yang dikemas melalui metode kelas sharing session dengan audiens yaitu anggota OSIS SMP N 2 Tembuku, Bangli. Dengan adanya kelas sharing session seperti ini tidak hanya berupa penyampaian teori saja namun juga terdapat praktek langsung yang dilakukan oleh siswa yang menjadi awal untuk membangun rasa percaya diri dalam belajar public speaking.  

 

References

Arini, D., Pamerdi, W., Wiloso, G., & Herwandito, S. (2017). ANALISIS PERSONAL BRANDING DI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus Personal Branding Sha’an d’Anthes di Instagram).
Girsang, L. R. (2018). “PUBLIC SPEAKING” SEBAGAI BAGIAN DARI KOMUNIKASI EFEKTIF (KEGIATAN PKM di SMA KRISTOFORUS 2, JAKARTA BARAT). In Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan (Vol. 2, Issue 2). https://kristo.sch.id/pages/main/value-
Hasyim, M., & Irwan W, dan D. (2014). PELATIHAN PUBLIC SPEAKING PADA REMAJA DAN ANAK-ANAK DUSUN PULUHAN, DESA BANYUSIDI, PAKIS, MAGELANG, JAWA TENGAH. www.google.com
Mettasatya Afrilia, A. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. In Jurnal Komunikasi (Vol. 11, Issue 1).
Nursanti, D. (2013). PERANAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMP NEGERI DI KABUPATEN MAGELANG. 13–38.
Setya Wiratama, N. (2021). KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17, 1–16.
Suryosubroto B. (1984). BEBERAPA HAL TENTANG ORGANISASI SEKOLAH DAN USAHA UNTUK MENGEMBANGKANNYA. 16–35.

Published

2023-10-10

Issue

Section

Articles

Citation Check