Pengembangan Skill Public Speaking Dalam Membentuk Personal Branding Bagi OSIS SMP N 2 Tembuku Bangli
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v6i2.2663Abstract
Keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking masih belum sepenuhnya dimiliki oleh para siswa dan masih dibawah rata-rata. Keengganan untuk tampil di depan publik diakibatkan karena rendahnya rasa kepercayaan diri dan minimnya penguasaan teknik berbicara di depan umum. Selain itu, terdapat beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya lokasi tempat tinggal dan lingkungan sekitar. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan di Desa Peninjoan Bangli, dengan ini melaksankan kegiatan pelatihan public speaking dan personal branding yang dikemas melalui metode kelas sharing session dengan audiens yaitu anggota OSIS SMP N 2 Tembuku, Bangli. Dengan adanya kelas sharing session seperti ini tidak hanya berupa penyampaian teori saja namun juga terdapat praktek langsung yang dilakukan oleh siswa yang menjadi awal untuk membangun rasa percaya diri dalam belajar public speaking. Â
Â
References
Girsang, L. R. (2018). “PUBLIC SPEAKING” SEBAGAI BAGIAN DARI KOMUNIKASI EFEKTIF (KEGIATAN PKM di SMA KRISTOFORUS 2, JAKARTA BARAT). In Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan (Vol. 2, Issue 2). https://kristo.sch.id/pages/main/value-
Hasyim, M., & Irwan W, dan D. (2014). PELATIHAN PUBLIC SPEAKING PADA REMAJA DAN ANAK-ANAK DUSUN PULUHAN, DESA BANYUSIDI, PAKIS, MAGELANG, JAWA TENGAH. www.google.com
Mettasatya Afrilia, A. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. In Jurnal Komunikasi (Vol. 11, Issue 1).
Nursanti, D. (2013). PERANAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMP NEGERI DI KABUPATEN MAGELANG. 13–38.
Setya Wiratama, N. (2021). KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17, 1–16.
Suryosubroto B. (1984). BEBERAPA HAL TENTANG ORGANISASI SEKOLAH DAN USAHA UNTUK MENGEMBANGKANNYA. 16–35.
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.