Pendampingan Penulisan Puisi Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Bagi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v6i2.2816Keywords:
Puisi, Pelatihan, Penulisan, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Keterampilan menulis sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Berdasarkan wawancara dengan guru Bahasa Indonesia di kelas X dan XI diperoleh permasalahan terkait materi puisi. Guru pada umumnya mengajarkan puisi dengan cara diberikan contoh di depan kelas. Akan tetapi, ketika siswa diminta untuk membuat puisi tidak jarang para siswa kebingungan bagaimana menemukan ide atau gagasan dalam menulis puisi yang akan mereka buat. Kemudian waktu yang dibutuhkan siswa dalam menulis puisi tidak cukup sehingga guru terpaksa harus memerintahkan siswanya untuk mengakhiri membuat puisi sesudahnya. Bahkan dalam menulis puisi bebas pun tidak jarang para siswa masih terlihat kebingungan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan penulisan puisi yang dapat memberikan ilmu baru yang dapat memberikan peningkatan keterampilan kepada siswa dalam menulis puisi. SMA Muhammadiyah 1 Pasuruan terletak di kota Pasuruan, jarak antara perguruan tinggi penyelenggara program sejauh 84 km. Jumlah siswa yang akan dilatih adalah 10 orang dan belum mempunyai pengalaman menulis puisi berbasis profil pelajar pancasila. Pelatihan ini berfokus pada pada puisi berbasis profil pelajar Pancasila. Hal tersebut dilakukan karena Pelajar Pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Karakter yang ada dalam profil pelajar Pancasila diantaranya (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, (2) berkebhinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif. Tujuan program pengabdian yang nantinya akan memberi dampak diantaranya (a) pembaharuan pengetahuan siswa terkait penulisan puisi, (b) peningkatan produktifitas siswa dalam menulis puisi, (c) peningkatan kompetensi siswa dalam menulis puisi berbasis profil pelajar pancasila, (d) peningkatan kegiatan pengembangan ilmu, dan teknologi baik di perguruan tinggi maupun sekolah, (e) memberikan kontribusi positif kepada masyarakat terkait pemanfaatan puisi berbasis profil pelajar Pancasila sebagai referensi bahan ajar di sekolah. Kegiatan pendampingan penulisan puisi berbasis profil pelajar pancasila di SMA Muhammadiyah 1 Pasuruan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah persiapan, tahap kedua adalah pelaksanaan, dan tahap ketiga adalah evaluasi.
References
Bagaskara, M. I. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Kata Kunci dengan Media Gambar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi Nilai-nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62–70.
Kementrian Pendidikan, dan K. (n.d.). Cerdas Berkarakter. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/profil-pelajar-pancasila
Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Nobel Edumedia.
Nufus, H. (2018). Pembelajaran Membaca Cerita Anak dengan Strategi Pemetaan Cerita Rumpang Pada Siswa Kelas V SD Negeri 103 Palembang. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(1).
Palimbong, Y. W. (2021). Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMAN 11 Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Sawadi, S. (2019). Peningkatan Kompetensi Sosial Guru Melalui Workshop Guru di SDN-1 Sukajaya Tahun 2018. Anterior Jurnal, 19(1), 97–104.
Subekti, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Baturaden. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 5(1), 10–23.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.