Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Gebangan
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.287Keywords:
The Study Leadership, The Education QualityAbstract
Kegiatan PPM ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kegiatan bimbingan belajar dan mengaktifkan kegiatan mahasiswa-mahasiswi yang berdomisili di Desa Gebangan beserta lulusan sarjana yang memiliki banyak waktu luang pada sore hari. Kegiatan bimbingan belajar dilaksanakan di Pendopo Kantor Desa Gebangan. Kegiatan ini berlangsung selama 16 kali pertemuan dengan materi dari tingkat SD s/d SMA dan materi yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan siswa (kondisional). Waktu pelaksanaan kegiatan bimbel pada hari Senin – Kamis pukul 15.00 WIB s/d 17.00 WIB. Para pengajar (tutor) membimbing siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah (PR) dan mengajari siswa tentang materi-materi yang belum dipahami saat pembelajaran di sekolah. Materi yang diberikan mencakup semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas. Tahap-tahap kegiatan bimbingan belajar ini meliputi persiapan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi, serta penyusunan laporan. Hasil dari kegiatan bimbingan belajar ini berupa tingkat kepuasan orangtua/wali siswa terhadap peningkatan prestasi akademik anak-anaknya di sekolah setelah mengikuti kegiatan bimbel ini. Hal ini dikarenakan setelah mengikuti bimbel, siswa jadi lebih semangat dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah (PR) dengan baik dan tidak ada tugas yang terbengkalai dikarenakan ada yang membimbing. Selain itu, pemahaman siswa-siswi terhadap materi pelajaran di sekolah lebih meningkat dengan adanya pengulangan materi yang diberikan oleh para tutor (pengajar) bimbel pada sore harinya sepulang sekolah, serta mahasiswa-mahasiswi dan lulusan sarjana dapat memanfaatkan waktu luangnya pada sore hari untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat yaitu aktif mengajar di bimbingan belajar.
References
Abidin, Z. (2006, January-April). Layanan bimbingan belajar sebagai upaya peningkatan kualitas proses belajar mengajar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 34-48.
Andayani, N.S., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Penerapan layanan bimbingan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar pada kelas X-4 SMA negeri 1 sukasada tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/246686/penerapan-layanan-bimbingan-belajar-untuk-meningkatkan-prestasi-belajar-bagi-sis.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Edward dan Sallis. 2004. Manajemen Kualitas Total Dalam Pendidikan (Total Quality Managementin Education), Penerjemah : Kambey Daniel C. Manado : Program Pascasarjana Universitas Negeri Manado.
Fadhli, M. (2017, December). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(02). Retrieved from http://www.researchgate.net/publication/322098922_Manajemen_Peningkatan_Mutu_Pendidikan. doi : 10.29240/jsmp.v1i2.295.
Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung : PT. Sinar Baru.
Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Rafika Aditama.
Ismanto, B. (2018, May). Kebijakan peningkatan mutu pendidikan berdasarkan standar nasional pendidikan provinsi jawa tengah. Jurnal Profesi Pendidik, 5(1), 100-113.
Mukhid, A. (2007). Meningkatkan kualitas pendidikan melalui sistem pembelajaran yang tepat. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 120-133.
Prayitno. 1997. Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta : PT. Ikrar Mandiri Abadi.
Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sukadji. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program BK Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Sukardi, D.K. 2013. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Suprapto. (2006, April). Peningkatan kualitas pendidikan melalui media pembelajaran menggunakan teknologi informasi di sekolah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(1), 34-41.
Susanti, Herni. Jum’at, 22 Mei 2015. Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. http://www.neraca.co.id/article/53881/meningkatkan-kualitas-pendidikan-nasional. 02 Februari 2018.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.