Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Gebangan

Authors

  • Dyan Yuliana STKIP PGRI Situbondo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.287

Keywords:

The Study Leadership, The Education Quality

Abstract

Kegiatan PPM ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui kegiatan bimbingan belajar dan mengaktifkan kegiatan mahasiswa-mahasiswi yang berdomisili di Desa Gebangan beserta lulusan sarjana yang memiliki banyak waktu luang pada sore hari. Kegiatan bimbingan belajar dilaksanakan di Pendopo Kantor Desa Gebangan. Kegiatan ini berlangsung selama 16 kali pertemuan dengan materi dari tingkat SD s/d SMA dan materi yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan siswa (kondisional). Waktu pelaksanaan kegiatan bimbel pada hari Senin – Kamis pukul 15.00 WIB s/d 17.00 WIB. Para pengajar (tutor) membimbing siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah (PR) dan mengajari siswa tentang materi-materi yang belum dipahami saat pembelajaran di sekolah. Materi yang diberikan mencakup semua mata pelajaran dan semua jenjang kelas. Tahap-tahap kegiatan bimbingan belajar ini meliputi persiapan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi, serta penyusunan laporan. Hasil dari kegiatan bimbingan belajar ini berupa tingkat kepuasan orangtua/wali siswa terhadap peningkatan prestasi akademik anak-anaknya di sekolah setelah mengikuti kegiatan bimbel ini. Hal ini dikarenakan setelah mengikuti bimbel, siswa jadi lebih semangat dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah (PR) dengan baik dan tidak ada tugas yang terbengkalai dikarenakan ada yang membimbing. Selain itu, pemahaman siswa-siswi terhadap materi pelajaran di sekolah lebih meningkat dengan adanya pengulangan materi yang diberikan oleh para tutor (pengajar) bimbel pada sore harinya sepulang sekolah, serta mahasiswa-mahasiswi dan lulusan sarjana dapat memanfaatkan waktu luangnya pada sore hari untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat yaitu aktif mengajar di bimbingan belajar.

Author Biography

Dyan Yuliana, STKIP PGRI Situbondo

Dosen Tetap di STKIP PGRI Situbondo

References

Abidin, Z. (2006, January-April). Layanan bimbingan belajar sebagai upaya peningkatan kualitas proses belajar mengajar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 34-48.

Andayani, N.S., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Penerapan layanan bimbingan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar pada kelas X-4 SMA negeri 1 sukasada tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/246686/penerapan-layanan-bimbingan-belajar-untuk-meningkatkan-prestasi-belajar-bagi-sis.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Edward dan Sallis. 2004. Manajemen Kualitas Total Dalam Pendidikan (Total Quality Managementin Education), Penerjemah : Kambey Daniel C. Manado : Program Pascasarjana Universitas Negeri Manado.

Fadhli, M. (2017, December). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(02). Retrieved from http://www.researchgate.net/publication/322098922_Manajemen_Peningkatan_Mutu_Pendidikan. doi : 10.29240/jsmp.v1i2.295.

Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung : PT. Sinar Baru.

Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Rafika Aditama.

Ismanto, B. (2018, May). Kebijakan peningkatan mutu pendidikan berdasarkan standar nasional pendidikan provinsi jawa tengah. Jurnal Profesi Pendidik, 5(1), 100-113.

Mukhid, A. (2007). Meningkatkan kualitas pendidikan melalui sistem pembelajaran yang tepat. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 120-133.

Prayitno. 1997. Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta : PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Sardiman. 1992. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sukadji. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program BK Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Sukardi, D.K. 2013. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Suprapto. (2006, April). Peningkatan kualitas pendidikan melalui media pembelajaran menggunakan teknologi informasi di sekolah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(1), 34-41.

Susanti, Herni. Jum’at, 22 Mei 2015. Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. http://www.neraca.co.id/article/53881/meningkatkan-kualitas-pendidikan-nasional. 02 Februari 2018.

Downloads

Published

2019-03-27

Issue

Section

Articles

Citation Check