Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Membaca Kritis Pada Siswa SMP Kota Bekasi

Authors

  • Aster Pujaning Ati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Sigit Widiyarto Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.300

Keywords:

Pembinaan, Karakter, Membaca Kritis

Abstract

Pembelajaran karakter sangat penting guna penanam budi pekerti yang sopan dan santun. Pembelajaran  penanaman karakter pada siswa sering terlupakan ,dan perlu digalakkan guna membekali siswa di era industry 4.0 yang penuh dengan kompetisi lokal dan global. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang baik tentang suatu bacaan bermutu dan baik,sehingga siswa diharapkan mampu mengubah pola pikir dan karakter mereka. Metode yang digunakan meliputi metode partisipatif, simulasi dan pendampingan serta pembiasaan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa, siswa sudah dapat memilah buku bacaan yang berkualitas baik dalam hal budi pekerti maupun karakter yang baik, dan mereka dapat mengaplikasikan karakter dengan baik di sekolah

References

Lickona, Thomas. (1991). Educating for

Character: How Our School Can Teach. Respect and

Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney,. Aucland:

Elfindri, dkk, (2010), Soft Skill untuk

Pendidik , Praninta Offset,Baduose Media

Widiyarto, S. (2017). Peranan Soft Skill

dan Minat Baca Terhadap

Kemampuan Menulis Eksposisi

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Semantik, 6(2), 31-38.

Downloads

Published

2019-03-28

Issue

Section

Articles

Citation Check