Pelatihan Cooking Class untuk Menunjang Pemberdayaan Ekonomi Keluarga

Authors

  • Nova Eviana Universitas Asa Indonesia Jakarta, Indonesia
  • Ekowati Yuni Astuti Universitas Asa Indonesia Jakarta, Indonesia
  • Reza Nur Rahmadani Universitas Asa Indonesia Jakarta, Indonesia
  • Maria BF Manalu Universitas Asa Indonesia Jakarta, Indonesia
  • Herra Herryani Universitas Asa Indonesia Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v6i3.3041

Keywords:

Pemberdayaan, Kelas memasak, Tim Penggerak PKK

Abstract

Industri kuliner terus mengalami pertumbuhan dan tidak rentan terhadap Pendemik COVID-19, sehingga memberikan peluang untuk usaha dalam rangka peningkatan perekonomian keluarga. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan memberikan pengetahuan dan ketrampilan teknis bagi Tim Penggerak PKK DKI Jakarta untuk membuat produk cookies, melalui kegiatan kelas memasak. Kegiatan kelas memasak dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perencanaan dan target yang telah ditetapkan, serta memperoleh respon positif. Pelatihan ini diharapkan mampu menciptakan dan mendorong peluang usaha, khususnya bagi kaum ibu rumah tangga,  sehingga mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga.

References

Aditia, R. (2021). Empat Inovasi Olahan Makanan Sehat Ala Anak bangsa. Guepedia.

Amalia, I., & Surbakti, E. B. (2019). Pelatihan Tata Boga Bagi Usaha Rumahan untuk Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Meunasah Manyang Kota Lhokseumawe. 3(1), 17–20.

Fatma, D. A., & Julia, R. (2022). Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap UMKM di Indonesia. SENAKOTA-Seminar Nasional Ekonomi Dan Akuntansi, 1, 1–6.

Ihromi, T. O. (2016). Pokok-Pokok Antropologi Budaya. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kementerian Perindustrian RI. (2022). Kemenperin:-Industri-Makanan-dan-Minuman-Tumbuh-3,57-di-Kuartal-III-2022.

Lestari, R., Digdowiseiso, K., & Safrina, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Terhadap Tingkat Penjualan Melalui Digital Marketing Umkm Industri Makanan Dan Minuman Di Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan Saat Pandemi Covid-19. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7(3), 10–27.

Nu’man, T. M., & Bahar, A. (2021). Tingkat Kesukaan Dan Nilai Gizi Cookies Dengan Penambahan Tepung Daun Katuk Dan Tepung Daun Kelor Untuk Ibu Menyusui. Jurnal Agroteknologi, 15(02), 94. https://doi.org/10.19184/j-agt.v15i02.24960

Peraturan Menteri Dalam Negeri RI. (2020). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Pezenka, I., & Weismayer, C. (2020). Which factors influence locals’ and visitors’ overall restaurant evaluations? International Journal of Contemporary Hospitality Management, 32(9), 2793–2812. https://doi.org/10.1108/IJCHM-09-2019-0796

Rahmawati, R., Firmansyah, F., Syarif, A., & Arwati, S. (2020). Penyuluhan dan Pelatihan Olahan Sagu Menjadi Produk Brownies Dan Cookies Pada Tim Penggerak Pkk Desa Purwosari Kecamatan Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur. To Maega | Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 23. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i1.278

Rumadana, I. M., & Salu, A. A. (2020). Uji Organoleptik Spritz Cookies (Kue Semprit) dengan Tepung Mocaf sebagai Substitusi sebagian Tepung Terigu. Jurnal Gastronomi Indonesia, 8(1), 32–40. https://doi.org/10.52352/jgi.v8i1.548

Salaa, J. (2015). Peran Ganda Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Desa Tarohan Kecamatan Beo Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Holistik, 8(15), 1–16.

Sayuti, R. H., & Hidayati, S. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Masyarakat di Nusa Tenggara Barat. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 133–150. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.46

Sufa, S. A., Christantyawati, N., & Jusnita, R. A. E. (2017). Tren Gaya Hidup Sehat dan Saluran Komunikasi Pelaku Pola Makan Food Combining. Jurnal Komunikasi Profesional, 1(2), 105–120. https://doi.org/10.25139/jkp.v1i2.473

Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 17–28.

Sunaryo, N. A., Putra, I. N. D., & Dewi, M. H. U. (2019). Perkembangan Wisata Belanja Oleh-Oleh Makanan. Jumpa, 6(1), 25–47.

Wardiani, S. R., Intan, T., & Subekti, M. (2018). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga Di Kecamatan Patokbeusi Subang. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 7(4), 221–227. http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/11922

Downloads

Published

2023-08-28

Issue

Section

Articles

Citation Check