Penerapan Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran Dan Bimbingan Konseling Pada Siswa SMA

Authors

  • Sepni Yanti

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.305

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia sekaligus dasar eksistensi suatu masyarakat yang dapat menentukan struktur suatu masyarakat dalam suatu lingkungan. Pada pembelajaran saat ini,masih didapati berbagai permasalahan yang timbul karena komunikasi. Dalam hal ini termasuk pengajar ,murid dan kepala sekolah. Komunikasi yang baik dapat dilakukan jika guru,murid dan kepala sekolah serta seluruh personil yang berhubungan dengan sekolah saling mengerti ,akan pentingnya komunikasi yang efektif dan baik. Guru atau dosen yang mengajar terkadang tidak mempunyai bakat atau punya keterbatasan yang rendah dalam hal berkomunikasi yang baik dan efektif. Tujuan pengabdian masyarakat ini ,agar sguru dan siswa dapat memahami dan mengaplikasikan komunikasi yang efektif yng berkaitan dengan pembelajaran dan bimbingan konseling disekolah. Kegiatan akan diadakan pada awal mei sampai dengan Agustus 2018. Peserta adalah siswa SMA Attaqwa dan SMK Insan Mulia. Hasil kegiatan ini adalah para guru dan siswa lebih terbantu dengan adanya bimbingan konseling dan kegiatan peningkatan komunikasi yang baik dan efektif. Siswa lebih merasa dihargai dan diperhatikan,karena masalah belajar dapat diatasi dengan baik.

References

Maidiyah, E. 1998. Pembelajaran Kooperatif

Pada Topik Pecahan di SD

Analisis Data Kualitatif (Buku. Sumber Tentang

Metode-metode Baru). Jakarta: UIP.

Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang

... Noornia. 1997. Penerapan

Ron Ludlow, Fergus Panton ,1992,The

Essence of Effective Communication. Prentice Hall : 1992

Suranto . 2011. Komunikasi dalam

pembelajaran. Pustaka Media : Yogya

Setyowati, Y,(2005) Pola Komunikasi Keluarga

Dan Perkembangan Emosi Anak, VOLUME 2, NOMOR 1,JUNI 2005: 67-78

Widiyarto, S., & Ati, A. P. (2018).

PENERAPANENGLISH COMMUNICATION SKILL PADA SISWA SMP. ABDIMAS SILIWANGI, 1(2), 75-80.

Suyana, N., Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2019)

Metode Partisipatori untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Siswa MTs Nurul Hikmah Kota Bekasi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 80-86.

Yanti, S. (2019). Peran Komunikasi Efektif

dan Efesien dalam Pembelajaran. JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 5(1), 51-59.

Downloads

Published

2019-03-27

Issue

Section

Articles

Citation Check