Penerapan Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran Dan Bimbingan Konseling Pada Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.305Abstract
Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia sekaligus dasar eksistensi suatu masyarakat yang dapat menentukan struktur suatu masyarakat dalam suatu lingkungan. Pada pembelajaran saat ini,masih didapati berbagai permasalahan yang timbul karena komunikasi. Dalam hal ini termasuk pengajar ,murid dan kepala sekolah. Komunikasi yang baik dapat dilakukan jika guru,murid dan kepala sekolah serta seluruh personil yang berhubungan dengan sekolah saling mengerti ,akan pentingnya komunikasi yang efektif dan baik. Guru atau dosen yang mengajar terkadang tidak mempunyai bakat atau punya keterbatasan yang rendah dalam hal berkomunikasi yang baik dan efektif. Tujuan pengabdian masyarakat ini ,agar sguru dan siswa dapat memahami dan mengaplikasikan komunikasi yang efektif yng berkaitan dengan pembelajaran dan bimbingan konseling disekolah. Kegiatan akan diadakan pada awal mei sampai dengan Agustus 2018. Peserta adalah siswa SMA Attaqwa dan SMK Insan Mulia. Hasil kegiatan ini adalah para guru dan siswa lebih terbantu dengan adanya bimbingan konseling dan kegiatan peningkatan komunikasi yang baik dan efektif. Siswa lebih merasa dihargai dan diperhatikan,karena masalah belajar dapat diatasi dengan baik.
References
Maidiyah, E. 1998. Pembelajaran Kooperatif
Pada Topik Pecahan di SD
Analisis Data Kualitatif (Buku. Sumber Tentang
Metode-metode Baru). Jakarta: UIP.
Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang
... Noornia. 1997. Penerapan
Ron Ludlow, Fergus Panton ,1992,The
Essence of Effective Communication. Prentice Hall : 1992
Suranto . 2011. Komunikasi dalam
pembelajaran. Pustaka Media : Yogya
Setyowati, Y,(2005) Pola Komunikasi Keluarga
Dan Perkembangan Emosi Anak, VOLUME 2, NOMOR 1,JUNI 2005: 67-78
Widiyarto, S., & Ati, A. P. (2018).
PENERAPANENGLISH COMMUNICATION SKILL PADA SISWA SMP. ABDIMAS SILIWANGI, 1(2), 75-80.
Suyana, N., Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2019)
Metode Partisipatori untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Siswa MTs Nurul Hikmah Kota Bekasi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 80-86.
Yanti, S. (2019). Peran Komunikasi Efektif
dan Efesien dalam Pembelajaran. JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 5(1), 51-59.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.