Peran Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM

Authors

  • Renny Risqiani Universitas Trisakti, Indonesia
  • Hermanto Yaputra Universitas Trisakti, Indonesia
  • Egabetha Amirah Yudhaputri Universitas Trisakti, Indonesia
  • Ulfi Naria Rahmawati Universitas Trisakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v6i3.3053

Keywords:

UMKM, Media Sosial, Pemasaran Produk

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada  usaha kecil mikro dan menengah  yang berada dalam binaan Yayasan Cempaka Wangi, Bintaro, Jakarta adalah untuk  memberikan wawasan  kepada para peserta terkait pemasaran produk melalui media sosial. Kurangnya pengetahuan terhadap pemasaran produk dan literasi digital menjadi masalah yang perlu dicarikan jalan keluar. Masyarakat umumnya sudah mengenal dan menggunakan media sosial, namun belum memanfaatkannya dalam pemasarkan produk. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan yang diberikan oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti.. Kegiatan dilakukan pada bulan November 2022 diikuti oleh 26 peserta.  Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan materi yang disampaikan dianggap penting dan bermanfaat. mampu meningkatkan pengetahuan peserta tentang media sosial  dan akan menerapkan pada kegiatan usahanya

References

Ahmad, N., Salman, A., & Ashiq, R. (2015). The Impact of Social Media on the Fashion Industry: Empirical Investigation from Karachiites. Journal of Resources Development and Management, 7(April), 1–8. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-4197-6.ch019

Guha, S., Mandal, A., & Kujur, F. (2021). The social media marketing strategies and its implementation in promoting handicrafts products: a study with special reference to Eastern India. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 23(2), 339–364. https://doi.org/10.1108/JRME-07-2020-0097

Jamal, A., & Sharifuddin, J. (2015). Perceived value and perceived usefulness of halal labeling: The role of religion and culture. Journal of Business Research, 68(5), 933–941. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.09.020

Jami Pour, M., Hosseinzadeh, M., & Amoozad Mahdiraji, H. (2021). Exploring and evaluating success factors of social media marketing strategy: a multi-dimensional-multi-criteria framework. Foresight, 23(6), 655–678. https://doi.org/10.1108/FS-01-2021-0005

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Limanseto, H. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Retrieved from https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Retrieved from https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Rahadi, D. R., & Abdillah, L. A. (2013). The utilization of social networking as promotion media (Case study: Handicraft business in Palembang). (October 2014). https://doi.org/10.13140/2.1.4990.5604

Sadya, S. (2023). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 Juta pada 2022-2023. Retrieved March 9, 2023, from DataIndonesia.id website: https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023

Singh, M., & Singh, G. (2018). Impact of social media on e-commerce. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2), 21–26. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.30.13457

Subagja, A. D., Ausat, A. M. A., & Suherlan. (2022). The Role of Social Media Utilization and Innovativeness for Development of SMEs Performance. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 24(2), 85–102.

Sugihartati, R. (2023). UMKM 2023: Kendala Memasuki Pasar Digital. Retrieved January 3, 2023, from Media Indonesia website: https://mediaindonesia.com/opini/548450/umkm-2023-kendala-memasuki-pasar-digital

Yang, X. (2022). Consumers’ purchase intentions in social commerce: the role of social psychological distance, perceived value, and perceived cognitive effort. Information Technology and People, 35(8), 330–348. https://doi.org/10.1108/ITP-02-2022-0091

Yoshio, A. (2022). Masyarakat Pakai Internet untuk Media Sosial dan Pesan Singkat. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/21/masyarakat-pakai-internet-untuk-media-sosial-dan-pesan-singkat

Zhou, L., & Wang, T. (2014). Social media: A new vehicle for city marketing in China. Cities, 37(April 2014), 27–32. https://doi.org/10.1016/j.cities.2013.11.006

Downloads

Published

2023-08-28

Issue

Section

Articles

Citation Check