Peran Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v6i3.3053Keywords:
UMKM, Media Sosial, Pemasaran ProdukAbstract
References
Ahmad, N., Salman, A., & Ashiq, R. (2015). The Impact of Social Media on the Fashion Industry: Empirical Investigation from Karachiites. Journal of Resources Development and Management, 7(April), 1–8. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-4197-6.ch019
Guha, S., Mandal, A., & Kujur, F. (2021). The social media marketing strategies and its implementation in promoting handicrafts products: a study with special reference to Eastern India. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 23(2), 339–364. https://doi.org/10.1108/JRME-07-2020-0097
Jamal, A., & Sharifuddin, J. (2015). Perceived value and perceived usefulness of halal labeling: The role of religion and culture. Journal of Business Research, 68(5), 933–941. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.09.020
Jami Pour, M., Hosseinzadeh, M., & Amoozad Mahdiraji, H. (2021). Exploring and evaluating success factors of social media marketing strategy: a multi-dimensional-multi-criteria framework. Foresight, 23(6), 655–678. https://doi.org/10.1108/FS-01-2021-0005
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Limanseto, H. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Retrieved from https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah
Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Retrieved from https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Rahadi, D. R., & Abdillah, L. A. (2013). The utilization of social networking as promotion media (Case study: Handicraft business in Palembang). (October 2014). https://doi.org/10.13140/2.1.4990.5604
Sadya, S. (2023). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 Juta pada 2022-2023. Retrieved March 9, 2023, from DataIndonesia.id website: https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023
Singh, M., & Singh, G. (2018). Impact of social media on e-commerce. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2), 21–26. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.30.13457
Subagja, A. D., Ausat, A. M. A., & Suherlan. (2022). The Role of Social Media Utilization and Innovativeness for Development of SMEs Performance. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 24(2), 85–102.
Sugihartati, R. (2023). UMKM 2023: Kendala Memasuki Pasar Digital. Retrieved January 3, 2023, from Media Indonesia website: https://mediaindonesia.com/opini/548450/umkm-2023-kendala-memasuki-pasar-digital
Yang, X. (2022). Consumers’ purchase intentions in social commerce: the role of social psychological distance, perceived value, and perceived cognitive effort. Information Technology and People, 35(8), 330–348. https://doi.org/10.1108/ITP-02-2022-0091
Yoshio, A. (2022). Masyarakat Pakai Internet untuk Media Sosial dan Pesan Singkat. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/21/masyarakat-pakai-internet-untuk-media-sosial-dan-pesan-singkat
Zhou, L., & Wang, T. (2014). Social media: A new vehicle for city marketing in China. Cities, 37(April 2014), 27–32. https://doi.org/10.1016/j.cities.2013.11.006
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.