Pelatihan Peningkatan Nilai Produk Kerajinan Tangan Decoupage dan Pemasaran Produk untuk Ibu Rumah Tangga
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.306Keywords:
Decoupage, E-Commerce, Numbered Heads TogetherAbstract
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi Ibu Rumah Tangga di RW 011 Tebet Timur Jakarta Selatan dan Pemberdayaan Perempuan RT 05 Rorotan Jakarta Utara. Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pembentukan kelompok, pemberian tugas, pembangunan ide dan kreasi yang dipandu oleh fasilitator, dan penilaian produk berdasarkan respon pasar. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan nilai produk yang dibuat oleh Ibu Rumah Tangga selaku mitra. Kerajinan decoupage berhasil terjual sebanyak 20 dari 43 barang melalui Bazar dan Media Sosial dengan keuntungan rata – rata sebesar 25% dari harga modal. Akan tetapi, tidak ada barang yang terjual melalui E-Commerce disebabkan toko online mitra belum dikenal oleh masyarakat. Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan dapat memberikan peluang usaha baru bagi Ibu Rumah Tangga. Untuk meningkatkan hasil penjualan terutama melalui media E-Commerce, diperlukan pelatihan strategi pemasaran di masa mendatang.
References
Huda, M. (2011). Cooperative Learning metode, teknik, struktur dan model penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lease, M., & Corebima, A. D. (2017). The effect of numbered heads together (NHT) cooperative learning models on the cognitive achievement of students with different academic ability. Journal of Physics: Conference Series 795 012071, 795. https://doi.org/10.1088/1742-6596/795/1/012071
Nurmaya, Kurnianingsih, I., Rosini, & Diana, N. E. (2017). IBM PELATIHAN DECOUPAGE DAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI IBU RUMAH TANGGA. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) 2017 (pp. 160–165). Retrieved from http://snp2m2017.poliupg.ac.id/prosiding-snp2m2017/
Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial terhadap kinerja pemasaraan. BENEFIT: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15–20.
Sholihin, M. R., Arianto, W., & Khasanah, D. F. (2018). Keunggulan Sosial Media Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Digital Di Indonesia. In Prosiding Ekonomi Kreatif Di Era Digital (pp. 149–160). Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PEKED/article/view/1286/1044
Suwarni, S. (2018). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA KELAS XI TKJ-A DI SMK N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dwija Utama: Edisi Agustus 2018, 9(40), 91.
Thespruce, 2017, How to Decoupage: Learn how to decoupage and explore free projects and recipes, Retrieve from https://www.thespruce.com/how-to-decoupage-1244290
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.