Pelatihan Peningkatan Nilai Produk Kerajinan Tangan Decoupage dan Pemasaran Produk untuk Ibu Rumah Tangga

Authors

  • Nurmaya Nurmaya Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI, Indonesia
  • Nova Eka Diana Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI, Indonesia
  • Indah Kurnianingsih Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI, Indonesia
  • Rosini Rosini Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.306

Keywords:

Decoupage, E-Commerce, Numbered Heads Together

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi Ibu Rumah Tangga di RW 011 Tebet Timur Jakarta Selatan dan Pemberdayaan Perempuan RT 05 Rorotan Jakarta Utara. Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pembentukan kelompok, pemberian tugas, pembangunan ide dan kreasi yang dipandu oleh fasilitator, dan penilaian produk berdasarkan respon pasar. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan nilai produk yang dibuat oleh Ibu Rumah Tangga selaku mitra. Kerajinan decoupage berhasil terjual sebanyak 20 dari 43 barang melalui Bazar dan Media Sosial dengan keuntungan rata – rata sebesar 25% dari harga modal. Akan tetapi, tidak ada barang yang terjual melalui E-Commerce disebabkan toko online mitra belum dikenal oleh masyarakat. Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan dapat memberikan peluang usaha baru bagi Ibu Rumah Tangga. Untuk meningkatkan hasil penjualan terutama melalui media E-Commerce, diperlukan pelatihan strategi pemasaran di masa mendatang.

References

Huda, M. (2011). Cooperative Learning metode, teknik, struktur dan model penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lease, M., & Corebima, A. D. (2017). The effect of numbered heads together (NHT) cooperative learning models on the cognitive achievement of students with different academic ability. Journal of Physics: Conference Series 795 012071, 795. https://doi.org/10.1088/1742-6596/795/1/012071

Nurmaya, Kurnianingsih, I., Rosini, & Diana, N. E. (2017). IBM PELATIHAN DECOUPAGE DAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI IBU RUMAH TANGGA. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) 2017 (pp. 160–165). Retrieved from http://snp2m2017.poliupg.ac.id/prosiding-snp2m2017/

Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial terhadap kinerja pemasaraan. BENEFIT: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15–20.

Sholihin, M. R., Arianto, W., & Khasanah, D. F. (2018). Keunggulan Sosial Media Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Digital Di Indonesia. In Prosiding Ekonomi Kreatif Di Era Digital (pp. 149–160). Retrieved from http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/PEKED/article/view/1286/1044

Suwarni, S. (2018). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA KELAS XI TKJ-A DI SMK N 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidikan Dwija Utama: Edisi Agustus 2018, 9(40), 91.

Thespruce, 2017, How to Decoupage: Learn how to decoupage and explore free projects and recipes, Retrieve from https://www.thespruce.com/how-to-decoupage-1244290

Downloads

Published

2019-03-29

Issue

Section

Articles

Citation Check