Pelatihan Penggunaan Website bagi Guru dan Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v6i3.3066Keywords:
Training, web, School,Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keterampilan guru dan siswa SMK Muhammadiyah 2 Kutorejo Mojokerto dalam penggunaan website sebagai media pembelajaran dan peningkatan kualitas pendidikan. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test pada 20 guru dan siswa yang terlibat dalam pelatihan. Pelatihan dilakukan secara luring selama satu hari dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan penggunaan website bagi guru dan siswa SMK Muhammadiyah 2 Kutorejo Mojokerto efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta. Rata-rata nilai pre-test peserta sebesar 51,6 meningkat menjadi rata-rata nilai post-test sebesar 88,2. Selain itu, sebagian besar peserta juga memberikan respon positif terhadap pelatihan ini. Pengabdian ini dapat menjadi referensi bagi institusi pendidikan lainnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media digital seperti website. Diharapkan pelatihan ini dapat menjadi langkah awal dalam mendorong guru dan siswa untuk menggunakan website sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien
References
Rifa Hanifa Mardhiyah, dkk. (2021). 12(1), 29–40.
Andayani, D. D., Adiba, F., Kaswar, A. B., & Nur, A. A. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru. 24(1), 9–14.
Anshori, S. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. 9924, 88–100.
Dan, T. I., & Mildawati, T. (n.d.). PERKEMBANGANNYA. 101–110.
Guru, K., Smp, D. I., & Linggang, N. (1945). Pendidikan dan pelatihan sebagai sarana peningkatan kompetensi guru di smp negeri 02 linggang bigung 1. 200–212.
Harapan, N. J., Karya, L., Ilmiah, T., Ta, D., & Unisba, F. E. (2005). KONTRIBUSI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BANGSA INDONESIA * Muhardi **. XX(4), 478–492.
Erwin Januarisman, Anik Ghufron (2016), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii (2016). 3(2).
Tuti Andriani, (2015), "Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi".
Pagaralam, M. A. N. K. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN BLOG BAGI GURU MAN 1 KOTA PAGARALAM. December 2020. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v3i2
Semarang, A., Hadi, A. P., & Rokhman, F. A. (2020). IMPLEMENTASI WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PONDOK PESANTREN PUTRA-PUTRI. 13(1), 39–49.
Smp, P., & Muaro, N. (2020). Pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran berbasis ict pada smp negeri 1 muaro jambi. 2(2), 311–327.
Wiryotinoyo, M., Budiyono, H., Studi, P., Bahasa, P., Keguruan, F., Jambi, K. M., & Jambi, P. (2020). Jurnal Abdi Pendidikan Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah. 01(1), 1–5.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.