Pelatihan Penggunaan Website bagi Guru dan Siswa SMK

Authors

  • Hindarto Hindarto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Indah Apriliana Sari Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Fitria Eka Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Anisatul Makfiroh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Egha Arya Affandi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v6i3.3066

Keywords:

Training, web, School,

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keterampilan guru dan siswa SMK Muhammadiyah 2 Kutorejo Mojokerto dalam penggunaan website sebagai media pembelajaran dan peningkatan kualitas pendidikan. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test pada 20 guru dan siswa yang terlibat dalam pelatihan. Pelatihan dilakukan secara luring selama satu hari dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan penggunaan website bagi guru dan siswa SMK Muhammadiyah 2 Kutorejo Mojokerto efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta. Rata-rata nilai pre-test peserta sebesar 51,6 meningkat menjadi rata-rata nilai post-test sebesar 88,2. Selain itu, sebagian besar peserta juga memberikan respon positif terhadap pelatihan ini. Pengabdian ini dapat menjadi referensi bagi institusi pendidikan lainnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media digital seperti website. Diharapkan pelatihan ini dapat menjadi langkah awal dalam mendorong guru dan siswa untuk menggunakan website sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien

References

Rifa Hanifa Mardhiyah, dkk. (2021). 12(1), 29–40.

Andayani, D. D., Adiba, F., Kaswar, A. B., & Nur, A. A. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru. 24(1), 9–14.

Anshori, S. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. 9924, 88–100.

Dan, T. I., & Mildawati, T. (n.d.). PERKEMBANGANNYA. 101–110.

Guru, K., Smp, D. I., & Linggang, N. (1945). Pendidikan dan pelatihan sebagai sarana peningkatan kompetensi guru di smp negeri 02 linggang bigung 1. 200–212.

Harapan, N. J., Karya, L., Ilmiah, T., Ta, D., & Unisba, F. E. (2005). KONTRIBUSI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BANGSA INDONESIA * Muhardi **. XX(4), 478–492.

Erwin Januarisman, Anik Ghufron (2016), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii (2016). 3(2).

Tuti Andriani, (2015), "Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi".

Pagaralam, M. A. N. K. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN BLOG BAGI GURU MAN 1 KOTA PAGARALAM. December 2020. https://doi.org/10.36050/ngabdimas.v3i2

Semarang, A., Hadi, A. P., & Rokhman, F. A. (2020). IMPLEMENTASI WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PONDOK PESANTREN PUTRA-PUTRI. 13(1), 39–49.

Smp, P., & Muaro, N. (2020). Pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran berbasis ict pada smp negeri 1 muaro jambi. 2(2), 311–327.

Wiryotinoyo, M., Budiyono, H., Studi, P., Bahasa, P., Keguruan, F., Jambi, K. M., & Jambi, P. (2020). Jurnal Abdi Pendidikan Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah. 01(1), 1–5.

Downloads

Published

2023-08-28

Issue

Section

Articles

Citation Check