Pemanfaatan Digital Marketing Kelompok Wanita Tani Karangturi, Kabupaten Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v6i3.3075Keywords:
Digital Marketing, Kelompok Wanita Tani, Pemberdayaan, Pemasaran, SingkongAbstract
Tanaman singkong memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk pangan. Upaya pengoptimalan potensi singkong dengan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Kelompok Wanita Tani Kepuh Ampuh, Desa Karangturi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota KWT Kepuh Ampuh dalam pemanfaatan digital marketing. Pelaksanaan kegiatan dengan identifikasi permasalahan kelompok, pemilihan metode kegiatan, koordinasi, pembuatan materi pelatihan dan pelaksanaan pendampingan. Metode pelaksanaan melalui metode sosialisasi, pelatihan dan praktik secara langsung. Hasil kegiatan yaitu adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan KWT Kepuh Ampuh dalam melakukan pemasaran dengan strategi digital marketing untuk meningkatkan promosi, menambah jejaring pemasaran dan meningkatkan pendapatan masyarakat.Â
References
Amri, M. A., Nurrismiyandini, A., Dewi, M. C., & Al., E. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Lokal Berbasis Pengolahan Pangan di Desa Mantingan, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 3(1), 1–11.
Atikah, T. A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Singkong menjadi Bahan Baku Produk Olahan Makanan di Desa Tarung Manuah, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 404–409.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Karanganyar. (2021). Ubi Kayu 2018-2021.
Byju, G., & Suja, G. (2020). Mineral Nutrition of Cassava. Advances in Agronomy, 159, 169–235.
Chatterjee, S., Ghosh, S., & Saha-Dasgupta, T. (2021). Ni Doping: A Viable Route to Make Body-Centered-Cubic Fe Stable at Earth’s Inner Core. Minerals, 11(3), 1–12.
Darmawan, R. (2022). Statistik Ketahanan Pangan Tahun 2022.
Desai, V. (2019). Fostering Innovation, Integration and Inclusion Through Interdisciplinary Practices in Management. International Journal of Trend in Scientific Research and Development (IJTSRD), 7(4), 196–200.
Geovani, Y., Herwina, W., & Novitasari, D. N. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Wanita Tani dalam Peningkatan Kemampuan Sosial Ekonomi (Studi Pada Program Pemanfaatan Lahan Pekarangan KWT Lestari Alam Kampung Sukapala Kelurahan Gunung Gede Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya). Journal of Community Education, 2(2), 43–51.
Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat/ Community Services Peningkatan Daya Saing Produsen Minuman Herbal Melalui Pembuatan Konten Kreatif Media Sosial Berbasis Pemasaran E-Marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2), 68–79.
Muntoha, Jamroni, & Ummayah, R. U. (2015). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengolahan Singkong Menjadi Makanan Ringan Tela Rasa. Seri Pengabdian Masyarakat, 4(3), 188–193.
Nugraha, H. D., Suryanto, A., & Nugroho, A. (2015). ajian Potensi Produktivitas Ubikayu (Manihot esculenta Crant.). Jurnal Produksi Tanaman, 3(8), 673–682.
Park, J., Hyun, H., & Thavisay, T. (2021). A Study of Antecedents and Outcomes of Social Media WOM Towards Luxury Brand Purchase Intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 58.
Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce dalam Bisnis sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Padang, 344–352.
Rohman, A., Rizqiati, H., Anggraini, P. N. Widiantoro, S. Y Diponegoro, U., Soedarto, J. P., & Semarang, S. H. T. (2017). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dusun Mrico Desa Lebak Melalui Usaha Keripik Singkong Aneka Rasa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 1120–1127.
Tamburaka, I. P., Edwin, R. S., Rumbia, W. A., Fatmawati, F., & Rizal, R. (2022). Edukasi Pengolahan Keripik Singkong dengan Berbagai Varian Rasa di Pondok Pesantren Darul Mukhlisin Kota Kendari. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 366–372.
Vassallo, A., Kelly, B., Zhang, L., Wang Z, Y., & et al. (2018). Junk Food Marketing on Instagram: Content Analysis. JMIR Public Health Surveill, 4(2), 1–11.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.