Penerapan Pelatihan Siap Siaga Bencana (Sigana) Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Pada Pecalang

Authors

  • Ida Ayu Agung Laksmi Stikes Bina Usada Bali

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.308

Keywords:

disaster, preparedness, disaster preparedness training

Abstract

Setiap Desa di Bali, memiliki satuan penjaga keamaan yang disebut sebagai Pecalang. Sebagai penjaga keamanan masyarakat, Pecalang tentunya harus dibekali pelatihan siap siaga bencana sebagai upaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana. Oleh karena itu, perlu dilakukan Pelatihan Siap Siaga Bencana (SIGANA) pada pecalang Desa Selat Badung. Pelatihan ini merupakan jenis pengabdian masyarakat dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengukur tingkat kesiapansiagaan peserta dalam menghadapi bencana di Badung dengan  menggunakan desain penelitian pre-eksperimental yaitu One Groups Pretest-Posttest Design untuk mengukur keefektivanprogram pelatihan SIGANA. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji paired T-test dengan hasil didapatkan perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test kesiapsiagaan pada 25 orang peserta pelatihan SIGANA dengan nilai p < 0.001. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpuklan bahwa pelatihan SIGANA efektif dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana pada pecalang Desa Selat, Badung. Oleh karena itu, untuk mendukung berdirinya Desa Tangguh Bencana, perlu dilakukan pelatihan-pelatihan kebencanaan yang rutin pada seluruh lapisan masyarakat.

References

Addianto, Yueniwati dan Fathoni (2016). Pengaruh Pembelajaran Tabletop Disaster Exercise (TDE) Terhadap Pengetahuan Mahasiswa S1 Keperawatan Dalam Memberikan Penatalaksanaan Korban Pada Simulasi Tanggap Darurat Bencana. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, 3 (1).

Artanti, A. A. (2017). Pertamina: Suplai BBM-Elpiji di Wilayah Gunung Agung Aman. Medcom.id (online) di https://www.medcom.id/ekonomi/energi/Gbm6x99k-pertamina-suplai-bbm-elpiji-di-wilayah-gunung-agung-aman (diakses 10 Maret 2018)

BNPB. (2013). IRBI (Indeks Risiko Bencana Indonesia). Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Daud, R. S, Milfayetty, S. & Dirhamsyah, M. (2014). Penerapan Pelatihan Siaga Bencana dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Komunitas SMA Negeri 5 Banda Aceh. (Tesis) Universitas Syiah Kuala.

Havwina, T., Maryani, E., & Nandi (2016). Pengaruh Pengalaman Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik Dalam Menghadapi Ancaman Gempabumi Dan Tsunami. Jurnal Pendidikan Geografi, 16 (2).

Hidayati, D., Widayatun, Hartana, P., Triyono, Kusumawati, T. (2011). Panduan Mengukur Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat Dan Komunitas Sekolah. Jakarta: LIPI Press.

Indriasari, F. N. (2016). Pengaruh Pemberian Metode Simulasi Siaga Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Anak Di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Soedirman, 11 (3).

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT Rineka Cipta

Pratiwi, E. & Prihatiningsih, D. (2016). Pengaruh Pelatihan Penanggulangan Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 Pleret Bantul Dalam Menghadapi Bencana. (Tesis) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

UU Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana

Downloads

Published

2019-03-27

Issue

Section

Articles