Pendampingan Guru SMA dalam Penerapan Pembelajaran Berbasis Lesson Study

Authors

  • Irwan Ramli Universitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia
  • Nurasia Nurasia Universitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia
  • Khaerati Khaerati

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v6i3.3165

Abstract

Kegiatan pendampingan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis lesson Study di SMA Negeri 2 Palopo bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam merancang proses pembelajaran di dalam kelas berbasis lesson study dan mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini diawali dengan dengan Fokus Group Discussion (FGD) terkait permasalahan guru disekolah serta berkoodinasi pelaksanaan workshop. Workshop berfokus pada konsep  lesson study dan perancangan pembelajaran berbasis lesson study. Tindak lanjut dari workshop ini yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan mengadopsi lesson study yang dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu plan, do and see. Proses pembelajaran berbasis lesson study dilakukan sebanyak empat siklus. Adapun hasil kegiatan ini adalah meningkatnya keterampilan guru dalam penerapan pembelajaran berbasis lesson study dan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.

References

Alamri, N. M. (2020). The Implementation of the Lesson Study Strategy in Teaching Mathematics: Teachers’ Perspectives. Education Research International, 2020, e1683758. https://doi.org/10.1155/2020/1683758

Gero, G. (2015). The prospects of lesson study in the US: Teacher support and comfort within a district culture of control. International Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 7–25. https://doi.org/10.1108/IJLLS-02-2014-0007

Godfrey, D., Seleznyov, S., Anders, J., Wollaston, N., & Barrera-Pedemonte, F. (2019). A developmental evaluation approach to lesson study: Exploring the impact of lesson study in London schools. Professional Development in Education, 45(2), 325–340. https://doi.org/10.1080/19415257.2018.1474488

Iksan, Z. H., Nor, S. N. A. M., Mahmud, S. N., & Zakaria, E. (2014). Applying the Principle of. Asian Social Science, 10(4), Article 4. https://doi.org/10.5539/ass.v10n4p108

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). PEMENUHAN HAK BELAJAR SISWA MELALUI PKM LESSON STUDY. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 522–534. https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2445

Junaid, R., & Santaria, R. (2016). THE IMPACT OF LESSON STUDY ON STUDENTS LEARNING ACTIVITIES AT THE UNIVERSITY OF COKROAMINOTO PALOPO.

Khaerati, K. (2015). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Dinamika, 5(2), Article 2. https://journal.uncp.ac.id/index.php/dinamika/article/view/40

Schipper, T. M., van der Lans, R. M., de Vries, S., Goei, S. L., & van Veen, K. (2020). Becoming a more adaptive teacher through collaborating in Lesson Study? Examining the influence of Lesson Study on teachers’ adaptive teaching practices in mainstream secondary education. Teaching and Teacher Education, 88, 102961. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102961

Downloads

Published

2023-08-28

Issue

Section

Articles

Citation Check