Kolaborasi Membangun Generasi Sehat Sejak Dini

Authors

  • Ahmad Syaekhu Universitas Sawerigading Makassar, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-4089-9685
  • Sri Handayani Universitas Sawerigading Makassar, Indonesia
  • Nana Harlina Haruna Universitas Sawerigading Makassar, Indonesia
  • Irma Irma Universitas Sawerigading Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v6i4.3166

Keywords:

Anak Usia Dini, Edukasi, PHBS

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan sejak dini, terutama pada anak usia dini. Oleh karena itu, program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai PHBS kepada orang tua dan tenaga pendidikan di layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode yang digunakan dalam program ini adalah ceramah interaktif, studi kasus, dan sharing pengalaman. Tujuan utama dari metode ini adalah membuat ceramah lebih dinamis, relevan, dan efektif dengan melibatkan partisipasi langsung peserta dalam proses pembelajaran. Hasil dari program ini menunjukkan bahwa materi PHBS yang difokuskan pada cara mencuci tangan yang benar, pengelolaan sampah, pembersihan lingkungan, pola makan sehat, dan aktivitas fisik dapat disampaikan dengan cara yang menarik dan interaktif. Masalah-masalah yang dihadapi masyarakat juga didiskusikan bersama-sama untuk menemukan solusi yang efektif. Namun, hambatan dalam kegiatan ini adalah ruangan yang kurang nyaman. Dalam kesimpulannya, program pengabdian kepada masyarakat mengenai PHBS untuk anak PAUD sangat penting untuk dilakukan. Dengan menerapkan PHBS sejak dini, diharapkan dapat membentuk generasi yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit terkait kebersihan. Melalui kolaborasi antara berbagai pihak, seperti sekolah dan orang tua, diharapkan dapat membangun lingkungan yang mendukung kesehatan dan kebersihan, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah..

References

Aeni, K., Astuti, T., & Marjuni, M. (2021). Pemberdayaan Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Masa Pandemi Covid19 Upaya Penguatan Pendidikan Karakter. Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), Article 4. Https://Doi.Org/10.31100/Matappa.V4i1.1632

Ahmad, M., Iskandar, I., Yamin, M., Arsyad, N. A., & Riyandani, R. (2022). Kearifan Lokal Olahan Dangke Terhadap Pencegahan Stunting. Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31100/Matappa.V5i1.1684

Aisyah, T. L., & Alfikri, M. (2023). Analisis Model Komunikasi Aisas (Attention, Interest, Search, Action Dan Share) Pada Beauty Platform (Studi Kasus: Brand Somethinc Di Female Daily). Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(2), 616–626.

Aryana, I. M. P. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter (Kajian Filsafat Pendidikan). Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 11(1), 1–10.

Dewanti, L., Djuari, L., Sulistiawati, S., Mahendra, A. I., & Fahruddin, A. C. (2022). Tot Pemberdayaan Kesehatan Dan Ketahanan Keluarga Terkait Covid-19. Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.31100/Matappa.V5i1.1590

Erni, M. (2018). Manajemen Model Pembinaan Kelompok Guru Paud Model ‘Multi-Workshop.’ Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 51–58.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action Of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43–56.

Hidayati, H. (2022). Belajar Pembelajaran Dalam Metode Ceramah.

Irma, I. (2022). Praktek Feminine Hygiene Remaja. Journal Of Midwifery And Nursing Studies, 4(1), 46–53.

Julianti, R., Nasirun, M., & Wembrayarli, W. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 76–82.

Karo, M. B. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 1–4.

Karuniawati, B., & Putrianti, B. (2020). Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dalam Pencegahan Penularan Covid-19. Jurnal Kesehata Karya Husada, 8(2), 112–131.

Kurniawati, S. A. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Pola Makan Lansia Yang Menderita Hipertensi (Di Puskesmas Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang) [Phd Thesis]. Stikes Insan Cendekia Medika Jombang.

Kusuma, D. P. R. W. (N.D.). Konsep Pembangunan Berkelanjutan Yang Berwawasan Lingkungan Dalam Penanaman Investasi Di Indonesia.

Lina, H. P. (2017). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Di Sdn 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal Promkes, 4(1), 92.

Mardhiati, R. (2019). Guru Paud: Pendidikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Anak Usia Dini. Ikra-Ith Abdimas, 2(3), 133–141.

Masruchiyah, N., & Laratmase, A. J. (2023). Pemberdayaan Perempuan Dalam Pembangunan Berkelanjutan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 12(2), 125–138.

Mitra, M., Nurlisis, N., & Rahmalisa, U. (2022). Remaja Sebagai Agen Perubahan Dalam Pencegahan Stunting Melalui Informasi Digital.

Mufidah, A. (2023). Analisis Konsentrasi Peserta Didik Melalui Metode Ceramah Interaktif Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Sdn Baleasri 2 Magetan [Phd Thesis]. Iain Ponorogo.

Muniroh, L., Cahyanti, I. Y., & Puspikawati, S. I. (2022). Penguatan Peran Orang Tua Dalam Pemenuhan Gizi Dan Kesehatan Mental Anak Sekolah Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(1), 59–72.

Mutia, A., Jumiyati, J., Kusdalinah, K., Rizal, A., & Wahyu, T. (2021). Hubungan Pola Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Obesitas Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp N 20 Kota Bengkulu Tahun 2021 [Phd Thesis]. Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

Natsir, M. F. (2019). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Desa Parang Baddo. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, 1(3), 54–59.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal Of Educational Chemistry (Jec), 2(2), 40.

Rusdi, M. S., Efendi, M. R., Putri, L. E. P., Kamal, S., & Surya, S. (2021). Edukasi Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47–51.

Sabila, W. I. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Lebih Dan Obesitas Pada Siswa Siswi Mi Khoirul Huda Kota Tangerang Tahun 2021 [B.S. Thesis]. Uin Syarif Hidayatullah Jakarta-Fikes.

Setianingsih, Y. A., Yustina, E. W., & Widyorini, E. (2015). Pelaksanaan Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (Ktr) Sebagai Bagian Dari Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Lingkungan Pendidikan (Studi Kasus Pada Stikes Di Kota Semarang). Soepra, 1(1), 106–114.

Syaekhu, A., Sau, T., Handayani, S., & Irma, I. (2023). The Relationship Of Increasing Food Production To Social Welfare And Health. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 9(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V9i2.2682

Syaekhu, A., & Sulanjari, D. J. (2022). Risiko Pernikahan Dini Terhadap Kehidupan Sosial Keluarga. Journal Pengabdian Kepada Masyarakat Sawerigading, 1(2), Article 2.

Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. Jea (Jurnal Edukasi Aud), 6(1), 58–73.

Wiranata, I. G. L. A. (2020). Penerapan Positive Parenting Dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Kepada Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 82–88.

Yustikasari, Y., Anisa, R., & Dewi, R. (2022). Pemanfaatan Program Implementasi Promosi Kesehatan: Promosi Kesehatan Mental Pada Remaja. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 430–438.

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dalam Pencegahan Covid-19 Kepada Anak-Anak Di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 3(1).

Downloads

Published

2023-12-12

Issue

Section

Articles

Citation Check