Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Open Journal System Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru

Authors

  • Sainab Sainab Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Supardi Muh Said Universitas SUlawesi Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v6i4.3182

Keywords:

PTK, Open Journal System, Profesionalisme Guru.

Abstract

Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) berbasis teknologi open journal system (OJS) diarahkan untuk membantu para guru dalam menulis proposal, laporan dan artikel jurnal PTK yang dapat meningkatkan profesinalisme guru. Namun, para guru-guru jarang mengikuti pelatihan penulisan PTK baik secara offline ataupun online. Sasaran kegiatan PKMS ini adalah tenaga pendidik dan kepala sekolah SMP negeri 4 Sendana. Kegiatan PKMS ini bertujuan membantu guru-guru dalam menulis proposal, laporan dan artikel jurnal PTK berbasis OJS yang dapat meningkatkan profesionalisme guru. Metode pelaksanaan PKMS adalah metode pendidikan dan latihan serta pendampingan kepada guru-guru dalam menulis proposal, laporan dan artikel jurnal PTK. Luaran dari aspek akademik yang dapat dihasilkan dari pengabdian ini adalah publikasi ilmiah. Luaran yang lain adalah berupa kemampuan guru dalam menulis proposal, laporan dan artikel jurnal PTK dan video pelatihan penulisan PTK berbasis OJS. Pelaksanaan kegiatan PKMS ini dilakukan dalam tiga metode yaitu, (1) Metode paparan, diskusi, serta tanya jawab: Penjelasan tentang PTK, identifikasi masalah, pengembangan teori, dan konstruksi metodologi,(2) Metode asistensi: Guru-guru mulai mengidentifikasi masalah, penulisan pendahuluan, pengembangan teori, dan konstruksi metodologi, dan (3) Metode pendampingan: Tim pengabdi memberikan pendampingan kepada guru-guru untuk menyusun proposal, laporan dan pembuatan artikel PTK yang diterbitkan lewat OJS. 

Downloads

Published

2023-11-28

Issue

Section

Articles

Citation Check