Edukasi Penggunaan Pakan Alternatif dalam Menunjang Keberhasilan Budidaya Ulat Sutera

Authors

  • Phika Ainnadya Hasan Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Sari Rahayu Rahman Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Muhammad Rizaldi Trias Jaya Putra Nurdin Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Isdaryanti Isdaryanti Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Nurmiati Nurmiati Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Firman Firman Universitas Sulawesi Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v6i4.3229

Keywords:

pakan alternatif, budidaya ulat sutera, desa renggeang,

Abstract

Desa Renggeang telah dikenal sebagai penghasil benang sutera di Provinsi Sulawesi Barat. Namun usaha budidaya terhambat oleh pakan daun murbei (Morus sp.) yang tidak selalu tersedia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat desa Renggeang beberapa jenis pakan yang dapat menjadi alternatif dalam usaha budidaya ulat sutera. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode sosialisasi dan pendampingan. Sosialisasi dilakukan di kantor desa Renggeang, sedangkan pendampingan dilakukan di kebun budidaya ulat sutera. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa terdapat 6 peserta yang belum memiliki pengalaman dalam budidaya ulat sutera, sedangkan yang telah memiliki pengalaman adalah 30 peserta. Namun bagi semua peserta informasi pakan alternatif merupakan hal baru untuk mereka. Pendampingan yang dilakukan di kebun budidaya ulat sutera selama 3 bulan telah memberikan dampak pada kemampuan masyarakat dalam membuat dan menggunakan pakan alternatif tersebut untuk budidaya ulat sutera.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Polewali Mandar, 2022. Kecamatan Limboro dalam Angka. BPS Kabupaten Polewali Mandar.

Faradilla, Emi, M., Adelia, J.K., Arini, R. 2022. Budidaya Ulat Sutera dengan Pemberian Pakan Daun Murbei Hasil Kultur In Vitro terhadap Kualitas Kokon dan Benang Sutera. J Hut Trop. 6(1):1-8.

Kumaidi, A., Damiana, R.E. 2013. Pertumbuhan dan Produktivitas Ulat Sutera Bombyx mori L. Yang Diberi Pakan Ayam Broiler. ACTA Veterinaria Indonesiana. 1(1):1-7.

Mas’ud, E.I., Muh Ichwan, K., Hasanuddin, M., Muh Tahnur, Hardiyanti, Selamet, R. 2017. Potensi Pengembangan Budidaya Ulat Sutera di Areal KPHP Model Awota. Jurnal Hutan dan Masyarakat. 9(1):17-22.

Ngai, A.D. 2021. Analisis Kandungan Nutrisi Daun Murbei Morus spp. Sebagai Pakan Ulat Sutera Bombyx mori L. Di Perhutanan Sosial Kemitraan Lingkungan (PSKL) Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin.

Nofandra, M.H. 2009. Efek Substitusi Daun Murbei (Morus alba) dengan Daun Jarak Pagar (Jatropa curcas) dalam Pakan Terhadap Bobot Badan, Berat dan Kaulitas Kokon Ulat Sutera (Bombyx mori). Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya.

Nurhaedah, M., Achmad, R.H.B. 2013. Budidaya Ulat Sutera di Desa Sudu, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman. 10(4):229-239.

Rosdiana. 2019. Pengaruh Pakan Buatan Kedelai (Glycine max L.) dan Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.) terhadap Pertumbuhan Larva dan Produksi Kokon Ulat Sutera (Bombyx mori L.). Jurnal Hutan dan Masyarakat. 11(2):79-91.

Setiyawan, A.I., Eka, F. 2018. Pengaruh Perbedaan Tiga Jenis Daun Ketela Pohon Terhadap Konsumsi dan Konversi Pakan Ulat Sutera Samia cynthia. Jurnal Ternak Tropika. 19(1):32-37.

Trisnawati, D.W., Ihsan, N. 2020. Pelatihan Pembuatan Pakan Buatan untuk Ulat Sutera Samia cynthia Riccini. BERNAS:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(4):633-639.

Downloads

Published

2023-11-28

Issue

Section

Articles

Citation Check