Penyusunan Instrumen Gaya Belajar Melalui Asesmen Non Kognitif Bagi Guru MGBK Kabupaten Polman

Authors

  • Abdul Saman Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Akhmad Harum Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Ilham Bakhtiar STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v6i3.3321

Keywords:

Gaya Belajar, Instrumen Non Kognitif, Asesmen, Asesmen diagnostik

Abstract

Tujuan PKM ini adalah (a) untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam menyususn instrument gaya belajar  melalui asesmen non kognitif bagi guru MGBK Kabupaten Polman; (b) untuk melatih Guru BK dalam mengimplementasikan penggunaan instrumen gaya belajar  melalui asesmen non kognitif bagi guru MGBK Kabupaten Polman.. Sasaran pkm adalah Guru MGBK Kabupaten Polman sebanyak 43. Metode yang digunakan adalah: ceramah, praktek penyusunan asesmengaya belajar, tanya jawab, dan pendampingan pembuatan Instruen Gaya Belajar, penggunaan aplikasi gaya belajar. Hasil Pengabdian PKM adalah (1) Pemberian pelatihan penyusunan Instrumen Gaya Belajar melalui asesmen non kognitif bagi guru MGBK Kabupaten polman dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi dan praktekpenyusunan instrument dan aplikasi gaya belajar. Dengan materi: Konsep Dasar Asesmen dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar; Peran BK dalam Kurikulum Merdeka Belajar; Asesmen Diagnostik,  Tujuan Asesmen Diagnostik; Asesmen Diagnostik  Non Kognitif Gaya Belajar Peserta Didik; Penyusunan Instrumen Gaya Belajar menggunakan aplikasi asesmen non kognitif; Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Non Kognitif untuk menemukan gaya belajar siswa; (2) Pelatihan penyusunan instrument gaya belajar dalam asaesmen non kognitif bagu Guru MGBK Kabupaten Polman menunjukkan keberhasilan, guru BK telah mampu dalam menyusun instrument asesmen gaya belajar sesuai dengan arahan dan petunjuk dari narasumber. Instrumen Asesmen Peserta yang telah diberikan menunjukkan adanya peningkatan sebelum di berikan pelatihan dan setelah diberikan pelatihan, kemudian Lembar Kerja dan Tugas Menyusun instrumen asesmen menunjukkan keberhasilan secara keseluruhan semua peserta dapat menyusun dan menganalisis sendiri hasil asesmen gaya belajar yang telah di buat.

Author Biography

Abdul Saman, Universitas Negeri Makassar

Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNM

References

Aji, B. S., Nurpitasari, E., Hanum, N. C., Akbar, A. A., & Bhakti, C. P. (2020). Pengembangan Asesmen Berbasis Teknologi untuk Keberlangsungan BK ditengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020 “Penggunaan Asesmen dan Tes Psikologi dalam Bimbingan dan (pp. 98-103). Malang: Universitas Negeri Malang.

Ardimen, & Zuwirda. (2015). IMPLEMENTASI PROGRAM MUSYAWARAH GURU BK (MGBK) SLTP KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. PROSIDING: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling dan Konsorsium Keilmuan BK di PTKI Batusangkar (pp. 46-61). Batusangkar, Sumatera Barat: PTKI Batusangkar.

Haryadi, R., Handayani,E.S., Ridhani, A.R.(2019). Respectful-Based Assessment: Sebuah Model Asesmen Bimbingan Dan Konseling Bagi Klien Dalam Lingkup Komunitas. Ghaidan Jurnal Bimbingan Konselingislam& Kemasyarakatan, 4(1).

Kemdikbud. Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 1–10 (2021). Indonesia.

Kemdikbud, P. (2021b). Pembelajaran dan Asesmen, X-76.

Kemdikbudristekdikti. (2021). Perangkat Kurikulum (CP, ATP, MA, KOSP dan KKTP).

Kemendikbudristek. (2022a). Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional Untuk Satuan Pendidikan.

Kemendikbudristek. (2022b). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9–46.

Lee, Y. W., & Sawaki, Y. (2009). Cognitive diagnosis approaches to language assessment: an overview. Language Assessment Quarterly, 6(3):172–189. https://doi.org/10.1080/154 34300902985108.

Fan, T., Song, J., & Guan, Z. (2021). Integrating diagnostic assessment into curriculum: a theoretical framework and teaching practices. Language Testing in Asia, 11(1). http://doi.org/10.1186/s40468-020-00117-y

Prawira, Y. A., & Kurnia, T. (2018). Analisis Terhadap Soal Penilaian Akhir Semester Tingkat SD / MI Dalam Perspektif Abstrak Higher Order Thinks, Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Kegamaan. XII, 169–176. Retrieved from https://bdkbandung.kemenag.go.id/tatarpasundan/jurnal/index.php/tp/article/view/67/109

Kumar, N. (2016). Diagnostic Test Pedagogy of Commerce. Ludhina: Nalwa Center College of Education for Women.

Soeharto, Csapó, B., Sarimanah, E., Dewi, F. I., & Sabri, T. (2019). A review of students’ common misconceptions in science and their diagnostic assessment tools. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 247–266. http://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.18649

Angel, M., Cevallos, S., Alexander, C., Rosado, Z., Viviana, O., & Terán, T. (2019). The Procedure Used on Diagnostic Evaluation Process, 3, 1–10.

Downloads

Published

2023-08-28

Issue

Section

Articles

Citation Check