Penyusunan Instrumen Gaya Belajar Melalui Asesmen Non Kognitif Bagi Guru MGBK Kabupaten Polman
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v6i3.3321Keywords:
Gaya Belajar, Instrumen Non Kognitif, Asesmen, Asesmen diagnostikAbstract
Tujuan PKM ini adalah (a) untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam menyususn instrument gaya belajar melalui asesmen non kognitif bagi guru MGBK Kabupaten Polman; (b) untuk melatih Guru BK dalam mengimplementasikan penggunaan instrumen gaya belajar melalui asesmen non kognitif bagi guru MGBK Kabupaten Polman.. Sasaran pkm adalah Guru MGBK Kabupaten Polman sebanyak 43. Metode yang digunakan adalah: ceramah, praktek penyusunan asesmengaya belajar, tanya jawab, dan pendampingan pembuatan Instruen Gaya Belajar, penggunaan aplikasi gaya belajar. Hasil Pengabdian PKM adalah (1) Pemberian pelatihan penyusunan Instrumen Gaya Belajar melalui asesmen non kognitif bagi guru MGBK Kabupaten polman dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi dan praktekpenyusunan instrument dan aplikasi gaya belajar. Dengan materi: Konsep Dasar Asesmen dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar; Peran BK dalam Kurikulum Merdeka Belajar; Asesmen Diagnostik, Tujuan Asesmen Diagnostik; Asesmen Diagnostik Non Kognitif Gaya Belajar Peserta Didik; Penyusunan Instrumen Gaya Belajar menggunakan aplikasi asesmen non kognitif; Pelaksanaan Asesmen Diagnostik Non Kognitif untuk menemukan gaya belajar siswa; (2) Pelatihan penyusunan instrument gaya belajar dalam asaesmen non kognitif bagu Guru MGBK Kabupaten Polman menunjukkan keberhasilan, guru BK telah mampu dalam menyusun instrument asesmen gaya belajar sesuai dengan arahan dan petunjuk dari narasumber. Instrumen Asesmen Peserta yang telah diberikan menunjukkan adanya peningkatan sebelum di berikan pelatihan dan setelah diberikan pelatihan, kemudian Lembar Kerja dan Tugas Menyusun instrumen asesmen menunjukkan keberhasilan secara keseluruhan semua peserta dapat menyusun dan menganalisis sendiri hasil asesmen gaya belajar yang telah di buat.
References
Aji, B. S., Nurpitasari, E., Hanum, N. C., Akbar, A. A., & Bhakti, C. P. (2020). Pengembangan Asesmen Berbasis Teknologi untuk Keberlangsungan BK ditengah Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020 “Penggunaan Asesmen dan Tes Psikologi dalam Bimbingan dan (pp. 98-103). Malang: Universitas Negeri Malang.
Ardimen, & Zuwirda. (2015). IMPLEMENTASI PROGRAM MUSYAWARAH GURU BK (MGBK) SLTP KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. PROSIDING: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling dan Konsorsium Keilmuan BK di PTKI Batusangkar (pp. 46-61). Batusangkar, Sumatera Barat: PTKI Batusangkar.
Haryadi, R., Handayani,E.S., Ridhani, A.R.(2019). Respectful-Based Assessment: Sebuah Model Asesmen Bimbingan Dan Konseling Bagi Klien Dalam Lingkup Komunitas. Ghaidan Jurnal Bimbingan Konselingislam& Kemasyarakatan, 4(1).
Kemdikbud. Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 1–10 (2021). Indonesia.
Kemdikbud, P. (2021b). Pembelajaran dan Asesmen, X-76.
Kemdikbudristekdikti. (2021). Perangkat Kurikulum (CP, ATP, MA, KOSP dan KKTP).
Kemendikbudristek. (2022a). Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional Untuk Satuan Pendidikan.
Kemendikbudristek. (2022b). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9–46.
Lee, Y. W., & Sawaki, Y. (2009). Cognitive diagnosis approaches to language assessment: an overview. Language Assessment Quarterly, 6(3):172–189. https://doi.org/10.1080/154 34300902985108.
Fan, T., Song, J., & Guan, Z. (2021). Integrating diagnostic assessment into curriculum: a theoretical framework and teaching practices. Language Testing in Asia, 11(1). http://doi.org/10.1186/s40468-020-00117-y
Prawira, Y. A., & Kurnia, T. (2018). Analisis Terhadap Soal Penilaian Akhir Semester Tingkat SD / MI Dalam Perspektif Abstrak Higher Order Thinks, Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Kegamaan. XII, 169–176. Retrieved from https://bdkbandung.kemenag.go.id/tatarpasundan/jurnal/index.php/tp/article/view/67/109
Kumar, N. (2016). Diagnostic Test Pedagogy of Commerce. Ludhina: Nalwa Center College of Education for Women.
Soeharto, Csapó, B., Sarimanah, E., Dewi, F. I., & Sabri, T. (2019). A review of students’ common misconceptions in science and their diagnostic assessment tools. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 247–266. http://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.18649
Angel, M., Cevallos, S., Alexander, C., Rosado, Z., Viviana, O., & Terán, T. (2019). The Procedure Used on Diagnostic Evaluation Process, 3, 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.