PKM Pelatihan Penulisan Bahan Ajar IPS Bagi Guru-Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.336Keywords:
Pelatihan, Penulisan, Bahan ajar IPSAbstract
Permasalahan yang sering muncul dalam proses pembelajaran adalah kurangnya memanfaatkan media pembelajaran sebagai sarana belajar siswa. Salah satu media yang sering digunakan dalam proses pembelajaran di SD adalah media LKS dan Diktat pembelajaran. Banyak dikalangan para guru belum paham bagaimana cara membuat dan mengembangkan media LKS dan Diktat. Guru lebih cenderung memanfaatkan LKS atau diktat pembelajaran yang diperoleh dari penerbit bukan dibuat sendiri oleh guru sehingga berakibat materi yang diberikan dalam bahan ajar tersebut kurang sesuai dengan materi yang diajarkan oleh guru. Kondisi di atas terjadi karena kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar khususnya bahan ajar IPS masih sangat rendah. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi; 1) belum dipahaminya cara pembuatan dan pengembangan bahan ajar IPS oleh guru, 2) masih minimnya penyelenggaraan pelatihan tentang peulisan bahan ajar, 3) belum diketahuinya manfaat menjadi penulis sebagai profesi alternatif selain sebagai tenaga pengajar oleh guru. Untuk memberikan solusi terhadap masalah tersebut, maka Tim PKMÂ mengadakan pelatihan penulisan bahan ajar IPS bagi guru-guru di SD Negeri 13 Biru. Hasil yang dicapai dalam pelatihan ini adalah sebagai berikut: a) Guru-guru peserta pelatihan menjadi paham dan mengetahui cara penyusunan maupun pengembangan bahan ajar IPS di SD yang sesuai dengan Kurikulum serta karakteristik materi pelajaran IPS di SD; b) Motivasi pengetahuan dan keterampilan bagi guru-guru lebih meningkat untuk menyusun sendiri dan mengembangkan bahan ajar IPS; dan c) Wawasan mengenai peluang dikembangkannya profesi baru sebagai penulis Bahan Ajar IPS di SD untuk jangka panjang semakin terbuka di kalangan para guru-guru SD Negeri 13 Biru.
References
Adjat Sakri. 1994. Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit ITB.
Muhammad Numan Somantri. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pannen, Paulina Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: PAU PPAI. Ditjen Dikti. Depdiknas.
Rusman. 2014; Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda karya.
Sekar Purbarini Kawuryan. (Mei 2008). Pentingnya Pendidikan IPS di Sekolah Dasar sebagai Kerangka Dasar Nation and Character Building. Dinamika Pendidikan. Majalah Ilmu Pendidikan, 1, 21-33.
Supardi. (2011). Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.