Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Interaktif bagi Guru Sekolah Satu Atap

Authors

  • adi sumarsono Universitas Musamus, Indonesia
  • Syamsudin Syamsudin Universitas Musamus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v2i2.338

Keywords:

Media Interaktif, Pembelajaran

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menambah pemahaman, kemampuan keterampilan profesional seorang guru. Mengingat tugas guru yang mulia, selain mengajar dan mentranfer ilmu kepada peserta didik, guru juga dituntut mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Metode yang digunakan melalui tiga tahapan. Ketiga tahap adalah, pelatihan yang dilakukan penyampaian materi dari teori sampai aplikasi pembuatan media. penerapan dilakukan sesudah peserta mengetahui teori dapat diterapkan pada pembuatan media interaktif,  dan pendampingan langsung kepada guru dalam membuat media interaktif. Hasil yang dapatkan dari kegiatan pengabdian ini adalah tercapainya pembuatan media interaktif yang disesuaikan dengan permasalahan pada masing-masing mata pelajaran. Berdasarkan analisis data pada hasil pengabdian ini adalah peningkatan kompetensi guru utamanya pembuatan media pembelajaran Ketiga cara yang digunakan dalam pengabdian ini, melalui metode pendampingan kepada guru yang dilakukan dengan praktek langsung mendapatkan pengakuan positif dari guru dikarenakan secara kegiatan yang dilakukan langsung membuat daya pikir dan unjuk kerja nyata dapat dilakukan.

Author Biography

adi sumarsono, Universitas Musamus

Mohon di konfirmasi jika artikel kami sudah diterima

References

Hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No.4, , 23.

Hilmi. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, Vol. 4 No. 2, 128.

Marjo, K. H., Cahyawulan, W., & Fitriyani, H. (2017). Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Pemahaman Kekerasan Seksual Untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Bantar Gebang. Jurnal Sarwahita Vol. 14 No. 02, 95.

Mulyasa, H. E. (2009). Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Pelatihan Analisis Butir Soal Berbasis Komputerisasi pada Guru SD. Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1, 6.

Nurjayadi, M., & Saraswati, L. A. (2017). Pemanfaatan Obat-Obat Tradisional Dalam Mencegah Dan Mengobati Penyakit Typhus Sebagai Upaya Peningkatan Hidup Sehat Pada Masyarakat Pagesangan Barat Mataram. Jurnal Sarwahita Vol. 14 No. 02, 118.

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Widodo, S., Supardi, Suyoto, & Wismanto, A. (2014). Peningkatan Kompetensi Guru Profesional Berbasis Penulisan Artikel Hasil PTK bagi Guru Anggota PGRI di Kabupaten Purworejo. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang (hal. 101). Semarang: SBN: 978-602-0960-54-8.

Yanti, D., & Permata, D. A. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Tani melalui Pengembangan Produk Olahan Ikan di Nagari Tarung-tarung, Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Jurnal Agrokreatif Vol. 2 No. 2, 75.

Zulfadli, & Ferryansyah. (2017). Pelatihan dan Bimbingan Pembuatan Karya Tulis Ilmiaha Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Muhammadiyah 1 Tarakan. Jurnal Pengabdian Mayarakat Borneo Vol. 1 No. 1, 41.

Downloads

Additional Files

Published

2019-09-29

Issue

Section

Articles

Citation Check