Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas pada Guru MTs Pesantren DDI Kaballangangg

Authors

  • Sitti Zuhaerah Thalhah IAIN palopo, Indonesia
  • Sumardin Raupu IAIN Palopo, Indonesia
  • Dwi Risky Arifanti IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v2i1.339

Abstract

Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran oleh seorang guru profesional adalah melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan Pelatihan penulisan PTK yaitu: 1). Meningkatkan pemahaman para guru tentang PTK, 2). Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan Penelitian Tindakan Kelas para guru di MTs Pesantren DDI Kaballangang. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah  metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman guru berupa penjelasan tentang prinsip-prinsip PTK, prosedur pelaksanaan PTK, implementasi PTK, dan penulisan laporan PTK, untuk metode demonstrasi sebagai upaya mengembangkan pengetahuan dan keterampilan para guru berupa latihan identifikasi masalah dalam proses pembelajaran yang dapat dipecahkan melalui PTK, dan rancangan proposal PTK. Kegiatan ini sangat membantu para guru dalam mengembangkan profesinya dengan adanya hasil luaran berupa proposal PTK. Secara umum, hasil pelaksanaan pelatihan ini adalah cukup baik dan reponsif, artinya terjadi tingkat pemahaman para guru tentang PTK. Hal dapat dilihat bahwa 85% guru mampu mengembangkan keterampilan menulis proposal PTK pada saat pelatihan.

References

Alimuddun H, Busyrah. Kamaruddin R. 2018. Pentingnya PTK bagi Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Matappa. Vol. 1 No.2 2018. Hal 101-106.

Madya S. 2016. Penelitian Tindakan (Action Research). Yogyakarta: Alfabeta

Republik Indonesia. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Utami, Prihma Sinta, Sutrisno. 2017. Pelatihan Teknis Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru PPKn MTs di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Abdimas Vol. 1 No.1 2017, Hal 81- 90.

Downloads

Published

2019-03-31

Issue

Section

Articles

Citation Check