Pelatihan Berhitung Cepat Untuk Guru-Guru MIN Kota Solok
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v7i1.3509Keywords:
Berhitung Cepat, Guru Madrasah Ibtidaiyah, Kemampuan BerhitungAbstract
Guru-guru wali kelas di MIN Kota Solok membutuhkan sebuah metode berhitung yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung yang dimiliki siswa. Selama ini metode berhitung yang digunakan dalam pembelajaran masih bersifat konvensional. Untuk memenuhi kebutuhan guru-guru tersebut, maka pelatihan berhitung cepat dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang menggunakan metode CBR (Community Based Research). Pelatihan berhitung cepat ini dilaksanakan di MIN Kota Solok, berlangsung dari Mei – Oktober 2023. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah peningkatan ilmu hitung yang dimiliki oleh guru madrasah ibtidaiyah di Provinsi Sumatra Barat, khususnya di MIN Kota Solok. Dengan adanya peningkatan ilmu yang dimiliki, maka guru bisa menciptakan sebuah proses pembelajaran yang menarik minat siswa dan berdampak baik terhadap kemampuan berhitung siswa.
References
Hanafi, M. (2015). Panduan Perencanaan dan Penyusunan Proposal CBR. 86.
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2022). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 7–11.
Irmayanti, Jurnianti, Hidayah, N., Mirna, & Islamiah, N. (2022). Pendampingan belajar matematika metode jarimatika di taman baca karlos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 184–188.
Rahmatia, Sandy, G. A., Putra, M. D. P., & Revisika. (2022). Pendampingan Pelatihan Berhitung Cepat dengan Menggunakan Metode JARIMATIKA pada Siswa SD di Arfai. 4(2), 184–192.
Salamah, I.-, Lindawati, L., Asriyadi, A., & Kusumanto, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang Dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2197
Susanto, A., Mardika, F., Syaputra, S. E., & Sentana, R. M. (2023). Pendampingan Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Sumatra Barat Melalui Pelatihan Berhitung Cepat Peningkatan Kompetensi Profesional. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-Unimed, 29(1), 42–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.39876
Susanto, A., Sepriyanti, N., & Asfa’ani, E. (2020). Hubungan Kompetensi Profesional Dosen dan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa dalam Statistika. MAp : Mathematics & Applications Journal, 79–93. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/article/view/4729
Susilawaty, A., Tasrudin, R., Djuwairiyah, A., & Salenda, K. (2016). Panduan Riset Berbasis Komunitas (Community Based Research) (M. Mahfudz (ed.)). Nur Khairunnisa. http://litapdimas.kemenag.go.id/publication
Thijssen, M. W. P., Rege, M., & Solheim, O. J. (2022). Teacher relationship skills and student learning. Economics of Education Review, 89. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2022.102251
Warsito, Muhtadi, D., & Sukirwan. (2020). Pencapaian Representasi Matematis Siswa Smp. 2(2), 132–140.
Young, J. M., Reed, K. E., Rosenberg, H., & Kook, J. F. (2022). Adding family math to the equation: Promoting Head Start preschoolers’ mathematics learning at home and school. Early Childhood Research Quarterly, 63, 43–58. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.11.002
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Andi Susanto, Rayhan Meldi Sentana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.