Pelatihan Berhitung Cepat Untuk Guru-Guru MIN Kota Solok

Authors

  • Andi Susanto Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Rayhan Meldi Sentana Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v7i1.3509

Keywords:

Berhitung Cepat, Guru Madrasah Ibtidaiyah, Kemampuan Berhitung

Abstract

Guru-guru wali kelas di MIN Kota Solok membutuhkan sebuah metode berhitung yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung yang dimiliki siswa. Selama ini metode berhitung yang digunakan dalam pembelajaran masih bersifat konvensional. Untuk memenuhi kebutuhan guru-guru tersebut, maka pelatihan berhitung cepat dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang menggunakan metode CBR (Community Based Research). Pelatihan berhitung cepat ini dilaksanakan di MIN Kota Solok, berlangsung dari Mei – Oktober 2023. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah  peningkatan ilmu hitung yang dimiliki oleh guru madrasah ibtidaiyah di Provinsi Sumatra Barat, khususnya di MIN Kota Solok. Dengan adanya peningkatan ilmu yang dimiliki, maka guru bisa menciptakan sebuah proses pembelajaran yang menarik minat siswa dan berdampak baik terhadap kemampuan berhitung siswa.

References

Hanafi, M. (2015). Panduan Perencanaan dan Penyusunan Proposal CBR. 86.

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2022). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar Dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 7–11.

Irmayanti, Jurnianti, Hidayah, N., Mirna, & Islamiah, N. (2022). Pendampingan belajar matematika metode jarimatika di taman baca karlos. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 184–188.

Rahmatia, Sandy, G. A., Putra, M. D. P., & Revisika. (2022). Pendampingan Pelatihan Berhitung Cepat dengan Menggunakan Metode JARIMATIKA pada Siswa SD di Arfai. 4(2), 184–192.

Salamah, I.-, Lindawati, L., Asriyadi, A., & Kusumanto, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang Dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2197

Susanto, A., Mardika, F., Syaputra, S. E., & Sentana, R. M. (2023). Pendampingan Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Sumatra Barat Melalui Pelatihan Berhitung Cepat Peningkatan Kompetensi Profesional. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-Unimed, 29(1), 42–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.39876

Susanto, A., Sepriyanti, N., & Asfa’ani, E. (2020). Hubungan Kompetensi Profesional Dosen dan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa dalam Statistika. MAp : Mathematics & Applications Journal, 79–93. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jpm/article/view/4729

Susilawaty, A., Tasrudin, R., Djuwairiyah, A., & Salenda, K. (2016). Panduan Riset Berbasis Komunitas (Community Based Research) (M. Mahfudz (ed.)). Nur Khairunnisa. http://litapdimas.kemenag.go.id/publication

Thijssen, M. W. P., Rege, M., & Solheim, O. J. (2022). Teacher relationship skills and student learning. Economics of Education Review, 89. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2022.102251

Warsito, Muhtadi, D., & Sukirwan. (2020). Pencapaian Representasi Matematis Siswa Smp. 2(2), 132–140.

Young, J. M., Reed, K. E., Rosenberg, H., & Kook, J. F. (2022). Adding family math to the equation: Promoting Head Start preschoolers’ mathematics learning at home and school. Early Childhood Research Quarterly, 63, 43–58. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.11.002

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles

Citation Check