Mitigasi Bencana Menggunakan Metode Tutor Sebaya Bagi Anak-Anak di SDN Soka, Daerah Patahan Sungai Opak, Bantul
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v2i2.355Abstract
Program pengabdian masyarakat dalam bentuk pengurangan risiko bencana ini bertujuan untuk menanamkan sikap kesiapsiagaan anak-anak menghadapi bencana alam, khususnya banjir, gempa bumi, dan tanah longsor. Program ini dilakukan menggunakan metode tutor sebaya yang diukur secara kuantitatif di SDN Soka, sekolah dasar yang berlokasi di daerah patahan sungai Opak, Pundong, Bantul. Hasil pelaksanaan program menunjukkan bahwa implementasi metode tutor sebaya efektif, sehingga anak-anak mengerti dan mengembangkan sikap siap siaga jika terjadi bencana alam sewaktu-waktu. Pemilihan metode tutor sebaya dimaksudkan agar pembelajaran kebencanaan terus berlanjut kendati program pengabdian telah selesai.
References
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2017. Jangan Panik ! Praktik Baik Pendidikan Kebencanaan. Jakarta: Direktorat Pengurangan Risiko Bencana
Lutfinur, I., Wulandari, R.S, & Fauziyah, S. 2015. Identifikasi Zona Sesar Opak di Daerah Bantul Yogyakarta Menggunakan Metode Seismik Refraksi. Jurnal Sains dan Teknologi, 13(1), 39-46.
Nugroho, K., Kristanto, E., Andari, B. D., Kridanta, S. K. 2012. Modul Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana: Buku Panduan Fasilitator. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana
Pamungkas, B. & Komalasaria, M. D. 2019. Model Mitigasi Bencana Berbasis Multisensoris untuk Anak Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi Kota Yogyakarta. Jurnal Panjar, 1(1), 1-8.
Reffiane, F. & Djariyo, D. 2011. Penerapan Pembelajaran Tutor Sebaya Dengan Strategi Everyone is a Teacher ( ETH ) Pada Praktek Pembelajaran Tematik SD Di Program Studi PGSD IKIP PGRI Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 50-59.
Ristanti, L. E. (2016) Metode Pengajaran yang Digunakan Guru di Sekolah Dasar Inklusi Se-Kabupaten Bantul. Skripsi (tidak dipublikasikan), Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Santrock, J. W. 2011. Life Span Development, Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga
Suryanti, E. D. & Marfai, M. A. 2008. Adaptasi Masyarakat Kawasan Pesisir Semarang Terhadap Bahaya Banjir Pasang Air Laut (Rob). Jurnal Kebencanaan Indonesia, I(5), 335-347.
Suryo, S. 2018. Belum Semua Bangunan Sekolah di Bantul Penuhi Standar Mitigasi Bencana. https://www.rri.co.id (diakses pada 19 Juni 2019). Tersedia pada: https://www.rri.co.id/purwokerto/post/berita/395417/daerah/belum_semua_bangunan_sekolah_di_bantul_penuhi_standar_mitigasi_bencana.html
Sutrisno, D. 2017. Siklon Cempaka dan Dahlia Merupakan Fenomena Baru. https://www.republika.co.id (diakses pada 19 Juni 2019). Tersedia pada: https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/12/03/p0cd0x440-siklon cempaka-dan-dahlia-merupakan-fenomena-baru
Tohari, A., Soebowo, E., & Sarah, D. 2009. Potensi Likuifaksi Akibat Gempabumi Berdasarkan Data CPT dan N-SPT di Daerah Patalan Bantul, Yogyakarta. Jurnal Riset Geologi dan Pertambangan, 19(2), 85-97.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.