Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Kelompok MGMP Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v2i2.381Keywords:
Pelatihan, Media Pembelajaran, Multimedia,Abstract
Guru-guru pada umumnya hanya menggunakan media berupa gambar, poster ataupun banner yang sifatnya pasif. Dimana salah satu penyebabnya adalah masih rendahnya pemanfaatan TIK oleh guru-guru sekolah. Maka dari itu mereka dituntut mampu menggunakan media komputer sebagai alat penunjangnya salah satunya dengan bentuk multimedia. Tujuan dari tim PKM adalah mengadakan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada kelompok Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Matematika SMP di Kabupaten Soppeng sebagai solusi masalah di atas. Metode yang dilakukan adalah persiapan bahan ajar atau modul pelatihan dan selanjutnya mengundang peserta untuk diberi pelatihan serta praktikum pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia. Adapun hasil yang dicapai dalam pelatihan ini adalah sebagai berikut: 1) Peserta pelatihan dapat mengetahui jenis multimedia yang dapat digunakan dalam pengembangan media pembelajaran Matematika di SMP; 2) Pengetahuan dan keterampilan guru SMP sebagai peserta latihan meningkat; 3) Peserta pelatihan yakni guru Matematika SMP di Kab. Soppeng mampu membuat sendiri media pembelajaran yang berbasis multimedia
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo, p. 170-172.
Hanim,Fitria,Amiruddin. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan,Vol.1 No.4, 2016 Hal. 752-757.
Kariadinata, Rahayu. 2007. Desain dan Pengembangan Perangkat Lunak (Software) Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1 No.2, 2007 Hal.56 -73.
Kartikasari, Galuh. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Dinamika Penelitian, Vol. 16, Ni.1, Juli 2016, Page 59 - 77).
Kosasih, Iwan. 2015. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pembeljaran. Jurnal Saintifika Islamica, Vol 2, No.1, 2015, page 43 - 53.
Muharoma, Yulia,Panca,dkk. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA. Joyful Learning Journal,Vol 3 No.2, Page 62-72.
Novitasari, Dian. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Fibonacci, Vol. 2 No.1, 2016, Page 8 -18.
Safitri, Meilani. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, Vol. 14, No. 2, 2013.
Setyadi D. & Qohar, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Kreano, Vol. 8, No 1, 2017, hal. 1-7.
Sosbud. 2013.Penguasaan, Pemanfaatan dan Pemajuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) guna Kejayaan bangsa dalam Rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian LEMHANNAS. 16 ,p. 42 – 55.
Sutarno, Erwan , Mukhidin. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vo. 21, No.3, 2013, page 203-218.
Vonny, Santoso, Sigit, dkk. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Hakikat Geografi Ditinjau dari Tingkat Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Jayapura Tahun 2014/2015. Jurnal GeoEco, Vol. 2, No.1, 2016. Hal 11 -17.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.