Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Kelompok MGMP Matematika

Authors

  • Misveria Villa Waru STMIK Lamappapoleonro Soppeng, Indonesia
  • Andi Irfan STMIK Lamappapoleonro Soppeng

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v2i2.381

Keywords:

Pelatihan, Media Pembelajaran, Multimedia,

Abstract

Guru-guru pada umumnya hanya menggunakan media berupa gambar, poster ataupun banner yang sifatnya pasif. Dimana salah satu penyebabnya adalah masih rendahnya pemanfaatan TIK oleh guru-guru sekolah. Maka dari itu mereka dituntut mampu menggunakan media komputer sebagai alat penunjangnya salah satunya dengan bentuk multimedia. Tujuan dari tim PKM adalah mengadakan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada kelompok Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) Matematika SMP di Kabupaten Soppeng sebagai solusi masalah di atas. Metode yang dilakukan adalah persiapan bahan ajar atau modul pelatihan dan selanjutnya mengundang peserta untuk diberi pelatihan serta praktikum pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia.  Adapun hasil yang dicapai dalam pelatihan ini adalah sebagai berikut: 1) Peserta pelatihan dapat mengetahui jenis multimedia yang dapat digunakan dalam pengembangan media pembelajaran Matematika di SMP;  2) Pengetahuan dan keterampilan guru SMP sebagai peserta latihan meningkat; 3) Peserta pelatihan yakni guru Matematika SMP di Kab. Soppeng mampu membuat sendiri media pembelajaran yang berbasis multimedia

Author Biographies

Misveria Villa Waru, STMIK Lamappapoleonro Soppeng

Program Studi Teknik Informatika

Andi Irfan, STMIK Lamappapoleonro Soppeng

Program Studi Teknik Informatika

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo, p. 170-172.

Hanim,Fitria,Amiruddin. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Penginderaan Jauh Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan,Vol.1 No.4, 2016 Hal. 752-757.

Kariadinata, Rahayu. 2007. Desain dan Pengembangan Perangkat Lunak (Software) Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1 No.2, 2007 Hal.56 -73.

Kartikasari, Galuh. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Dinamika Penelitian, Vol. 16, Ni.1, Juli 2016, Page 59 - 77).

Kosasih, Iwan. 2015. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pembeljaran. Jurnal Saintifika Islamica, Vol 2, No.1, 2015, page 43 - 53.

Muharoma, Yulia,Panca,dkk. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA. Joyful Learning Journal,Vol 3 No.2, Page 62-72.

Novitasari, Dian. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Fibonacci, Vol. 2 No.1, 2016, Page 8 -18.

Safitri, Meilani. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, Vol. 14, No. 2, 2013.

Setyadi D. & Qohar, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Kreano, Vol. 8, No 1, 2017, hal. 1-7.

Sosbud. 2013.Penguasaan, Pemanfaatan dan Pemajuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) guna Kejayaan bangsa dalam Rangka Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian LEMHANNAS. 16 ,p. 42 – 55.

Sutarno, Erwan , Mukhidin. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vo. 21, No.3, 2013, page 203-218.

Vonny, Santoso, Sigit, dkk. 2016. Pengaruh Media Pembelajaran Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Hakikat Geografi Ditinjau dari Tingkat Motivasi Belajar Geografi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Jayapura Tahun 2014/2015. Jurnal GeoEco, Vol. 2, No.1, 2016. Hal 11 -17.

Downloads

Published

2019-09-29

Issue

Section

Articles

Citation Check