Penyusunan E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru

Authors

  • Nurlaela Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • A.Sri Astika Wahyuni Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Amin Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Andi Muadz Palerangi Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v7i4.3988

Abstract

Mitra sasaran kegiatan pelatihan ini adalah guru sekolah dasar dalam lingkup kecamatan Paccinongan, kabupaten Gowa.  Permasalahan prioritas yang dihadapi mitra adalah paradigma pembelajaran abad 21 yang menekankan pada ketersediaan aneka sumber belajar untuk memfasilitasi kebutuhan belajar siswa dan pemanfaatan serta penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran serta mayoritas guru juga menyatakan masih kurang mengikuti pelatihan atau workshop membuat bahan ajar digital. Tujuan utama kegiatan ini adalah melatih guru menyusun e-modul menggunakan aplikasi anyflip untuk meningkatkan literasi digital guru. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode ICARE yang terdiri dari Introduction, Connection, Application, Reflection, dan Extension. Hasil yang dicapai adalah meningkatnya pemahaman dan keterampilan mitra menyusun e-modul menggunakan aplikasi anyflip serta tersedianya naskah e-modul berbasis anyflip

References

Carni, Maknun, J., & Siahaan, P. (2017). An Implementation Of Icare Approach (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) to Improve The Creative Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 812, 012022.

Gomes, C., Fernanda, C., Bezerra, M., Oste, G., Cremonezi, G., Augusto, T., Reis, D., et al. (2018). Study on The Alpha Generation And The Reflections of Its Behavior in the Organizational Environment. Quest Journals Journal of Research in Humanities and Social Science (Vol. 6). Retrieved from www.questjournals.org

Hoffman, B., & Ritchie, D. (1998). Teaching and learning online: Tools, templates, and training. In: J. Willis, D. Willis, & J. Price (Eds.), Technology and teacher education annual-1998. Charlottesville, VA: Association for Advancement of Computing in Education.

Istiqoma, M., Nani Prihatmi, T., & Anjarwati, R. (2023). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Prosiding SENIATI, 7(2), 296–300.

Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication.

McCrindle, M. , & W. R. E. (2008). The ABC of XYZ: Understanding The Global Generations. . University of New South Wales Press Ltd.

McKinsey. (2018, December 11). ‘True Gen’: Generation Z And Its Implications for Companies. McKinsey & Company. https://www.mckinsey.com/industries/consumer-packaged-goods/our-insights/true-gen-generation-z-and-its-implications-for-companies.

Nurchasanah, Adi, P., & Habsari, Z. (2020). ICARE Model Design Profile for Developing Critical-Creative Thinking Competency in Reading Literacy Learning. 1st International Conference On Information Technology And Education. Atlantis Press.

Permata, A., & Zulherman. (2023). Anyflip-Assisted E-Book to Enhancing Elementary School Students’ Motivation. International Journal of Elementary Education, 7(3), 410–417.

Prismanata, Y., & Tinjung Sari, D. (2022). Formulasi Media Pembelajaran untuk Peserta Didik Generasi Z dan Generasi Alfa pada Era Society 5.0. Retrieved from http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Ramadhani, W., & Fitria, Y. (2021). Capaian Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sains Tematik menggunakan Modul Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 4101–4108.

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z Di Jakarta. Jurnal Kwangsan, 6(1), 60.

Sholikha, S. M., Farid, M. M., & Andriansyah, E. H. (2022). Penggunaan Modul Digital Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Program Percepatan SKS Kota Surabaya. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 10(1), 73–82. Universitas Negeri Surabaya.

Suryani, S., & Saparuddin. (2022). Efektivitas Penggunaan E-Modul Dalam Meningkatkan Kemampuan Collaborative Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas 10 SMAN 9 Makassar. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 91–98.

Umardin, Y. (2017). Menjadi Orang Tua dari Generasi Alpha. Family Guide Indonesia.

YPulse. (2019, August 19). Gen Zs Are Doing These Things on Their Phones More Than Millennials. https://www.ypulse.com/article/2019/08/19/gen-zs-are-doing-these-things-on-their-phones-more-than-millennials/.

Published

2024-12-12

Issue

Section

Articles

Citation Check