Meningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Karyawangi Melalui Koperasi
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v2i2.443Keywords:
Cooperative, Small Medium Enterprise, Entrepeneur, WelfareAbstract
Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat di desa Karyawangi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Koperasi. Metode yang digunakan ada tiga tahapan, yakni tahap pertama berupa persiapan administrasi, survey dengan metode Rapid Rural Appraisal (RRA), dan persiapan penyuluhan. Tahap kedua, dilakukannya pelaksanaan kegiatan dengan penyuluhan dan pelatihan. Tahap ketiga, dilakukan evaluasi dan konsultasi. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat diikuti 34 orang yang berlatar belakang dari kelompok UKM dan pengrajin di desa Karyawangi, dari berbagai kampung yang ada. Materi yang diberikan meningkatkan kesejahteraan melalui koperasi, pengembangan koperasi, dan menjalankan koperasi secara efektif. Setelah dilakukannya PKM, kesadaran masyarakat untuk melakukan gerakan Koperasi sudah muncul, yang ditandai dengan adanya permintaan untuk diadakannya aktivitas PKM secara berkesinambungan. Kesejahteran masyarakat dapat terjadi dengan berperan serta di Koperasi, namun usaha ini sendiri dapat berkembang atau tidak tergantung dari kesadaran masyarakat untuk turut aktif beraktivitas didalamnya.
References
Bukit, Benjamin. 2017. PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA: Teori, Dimensi Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi. Zahir Publishing.
Balboni, et al. 2014. The Growth Drivers of Start-up Firms and Business Modelling: A First Step toward a Desirable Convergence. Journal of Management. Vol. 9(2). 131–154.
Hasanah, Lak Lak Nazhat El. 2015. Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda . Vol. 4(2). 268-280.
Depkop. (2018). Jangan Ragu Berwirausaha Sejak Muda. Diakses 6 September 2019, dari http://www.depkop.go.id/uploads/tx_rtgfiles/emag-maret-2018.pdf
Hunger, J. David dan Thomas L. Wheelen. (2003). Manajemen Strategies. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kominfo. (2017). Peluang Besar Jadi Pengusaha Di Era Digital. Diakses 5 September 2019, dari https://kominfo.go.id/content/detail/9503/peluang-besar-jadi-pengusaha-di-era-digital/0/berita
Naughton, Michael and Jeffrey R. Cornwall. 2009. Culture as the Basis of The Good Entrepreneur. Journal of Religion and Business Ethics. Vol. 1(1).1-13.
Purwanti, Endang. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti. Vol. 5(9). 13-28.
Riyanto, Bambang. 2013. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE.
Soeharjoto, 2019, Determinasi penyaluran kredit umkm di provinsi kalimantan timur. Forum Ekonomi. Vol. 21(2), 226-234.
Saputra, Inggar dan Akhmad Saoqillah. 2017. Koperasi Sebagai Soko Guru Penggerak Ekonomi Pancasila. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol. 2(2). 139 - 146.
Suryana, Yuyus dan Kartib Bayu. 2012. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Pranada Media Group.
Suhartini, Y. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwiraswasta (Studi Pada Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta). Jurnal AKMENIKA UPY. Vol. 7. 38-39.
Steinhoff , Dan and John F. Burgess. (1993). Small Business Management Fundamentals. Newyork-USA. McGraw-Hill. Inc.
Tribudhi, Debbie Aryani dan Soeharjoto Soekapdjo. 2019. Determinasi transaksi dengan menggunakan uang elektronik di Indonesia. Kinerja. Vol. 16(1). 78-84.
Timmons, Jeffry A. and Stephen Spinelli Jr. 2008. New Venture Creation: Entrepreneurship for 21th Century.McGraw-Hill.
UU N0. 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.