Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pembuatan Nuget dan Bakso Ikan Bandeng Bagi Masyarakat

Authors

  • Muhammad Rais Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Patang Patang Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v2i2.472

Keywords:

Pelatihan, Pembuatan Nuget, Diversifikasi Perikanan

Abstract

Diversifikasi produk perikanan merupakan kegiatan menambah nilai tambah ikan khususnya ikan Bandeng menjadi produk bernilai tambah seperti nugget dan bakso. Pelatihan deversifikasi produk perikanan di daerah Pangkep merupakan kegiatan alih pengetahuan yang dilakukan dengan tujuan: 1) menambah pengetahuan masyarakat khususnya ibu-ibu nelayan yang tinggal di sekitar daerah pesisir dalam aspek teknologi pengolahan hasil perikanaan menjadi nugget ikan. 2) menambah pengetahuan masyarakat khususnya ibu-ibu nelayan yang tinggal di sekitar daerah pesisir dalam aspek teknologi pengolahan hasil perikanaan menjadi bakso ikan, dan  3) menambah pengetahuan praktek pengemasan produk yang aman, menarik dan memenuhi daya simpan produk hasil olahan.  Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa: 1) Masyarakat, ibu-ibu, dan remaja karangtaruna telah memperoleh pengetahuan dan terampil dalam membuat produk nugget berbahan dasar ikan bandeng, 2)  Masyarakat, ibu-ibu,  dan remaja karangtaruna telah memperoleh pengetahuan dan terampil dalam membuat produk bakso berbahan dasar ikan bandeng, 3) Masyarakat, ibu-ibu,  dan remaja karangtaruna telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan membuat kemasan produk yang aman, tahan dan menarik.

 

References

Afrisanti, D.W. 2010. Kualitas Kimia dan Organoleptik Nugget Daging Kelinci dengan Penambahan Tepung Tempe. Skripsi. Program Studi Peternakan. Fakultas Pertanian. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Astawan, M. 2007. Nugget Ayam Bukan Makanan Sampah http://nasional.kompas.com/read/2008/10/28/10371776/Nugget.Ayam.Bukan.Makanan.Sampah. Diakses 20 Juli 2016

Bozarias, I.S. 2014. Seafood Processing: Technology, Quality and Safety. Willey Blackwel. Oxford, UK

Kabaupaten Pangkajene dan Kepulauan. 2016. https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Pangkajene_dan_Kepulauan. Diakses Kamis, 5 Juni 2017.

Maghfiroh, I. 2000. Pengaruh Penambahan Bahan Pengikat Terhadap Karakteristik Nugget I kan Patin (Pangasius hypothalamus). Skripsi. Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Fakultas Perikanan. Bogor : Institut Pertanian Bogor

Saimimah, Nur Asyah, SP. 2015. Diktat Pengolahan Moderen. Kementerian Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan SDM-KP Sekolah Usaha Perikanan Menengah Waiheru Ambon.

Saleh, M., K. Prana, S. Hartatik. 2002. Dokumen Tepat Guna. Institut Pertanian Bogor. UPT. Perpustakaan. Bogor : Institut Pertanian Bogor

Tribunpangkep.com, 2016. http://makassar.tribunnews.com/2016/05/16/jelang-ramadan-harga-ikan-bolu-di-pangkep-stabil. Diakses Kamis, 5 Juni 2017.

.

Downloads

Published

2019-09-29

Issue

Section

Articles

Citation Check