Pelatihan Ketarampilan Komunkasi Dan Keterampilan Konseling Bagi Guru

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v3i1.502

Keywords:

keterampilan komunikasi, dan konsleing

Abstract

Guru sebagai professional dituntut memiliki keterampilan Komunikasi. Tidak terkecuali bagi guru di sekolah dasar, mereka belum sepenuhnya memahami layanan konseling secara mendalam. Komunikasi dalam komunikasi konseling, bisa dilihat sebagai bagian kualitas pribadi guru BK. Dalam penyelenggaraan praktik konseling, Guru mengandalkan penggunaan sejumlah keterampilan, salah satunya yaitu kemampuan berkomunikasi yang merupakan keterampilan mikro konseling. Terdapat dua kategori utama keterampilan konseling yang harus dimiliki Guru sekolah yaitu keterampilan komunikasi dan bertindak, serta keterampilan pikiran. Keterampilan komunikasi dan bertindak melibatkan perilaku eksternal, dan keterampilan pikiran melibatkan perilaku internal Guru. Keterampilan komunikasi merupakan salah satu keterampilan utama yang harus dikuasai oleh Guru untuk penyelenggaraan praktik konseling

Author Biography

Muhammad Andi Setiawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

dosen prodi Bimbingan konseling FKIP UMP

References

Chariri, A. and Nugroho, F.A., 2009. Komunikasi Dalam Pelaporan Corporate Social Responsibility: Analisis Semiotikatas Sustainability Reporting Pt Aneka Tambang Tbk.

Chariri, A. and Nugroho, F.A., 2009. Komunikasi Dalam Pelaporan Corporate Social Responsibility: Analisis Semiotikatas Sustainability Reporting Pt Aneka Tambang Tbk.

Corey, G. (2015). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Nelson Education

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung, PT Citra Aditya Bakti.

Geldard, K., & Geldard, D. (2005). Practical Counselling Skills: An Integrative Approach. Palgrave Macmillan.

Hariko, R., 2017. Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), pp.41-49.

Habsy, B.A., 2017. Filosofi ilmu bimbingan dan konseling Indonesia. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 2(1), pp.1-11.

Jamaludin, M.Y., Suandi, I.N., Hum, M. and Putrayasa, I.B., 2013. Tuturan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 1 Selong ditinjau dari Komunikasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2.

Maulana, H., & Gumelar, G. (2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta: Akademia Pratama

Nelson-Jones, R. (2008). Introduction to Counselling Skills: Text and Activities. Sage.

Nelson-Jones, R. (2008). Introduction to Counselling Skills: Text and Activities. Sage.

Neukrug, E. (2011). The World of The Counselor: An Introduction to The Counseling Profession. Nelson Education.

Rahmat, J. (2000). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Wendra, I Wayan. 2006. Keterampilan Berbicara. Buku Ajar (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha. -------. 2009. Penulisan Karya Ilmiah. Buku Ajar (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Zamroni, M. (2009). Filsafat Komunikasi: Pengantar Ontologis, Epistemologis, Aksiologis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Downloads

Published

2020-03-27

Issue

Section

Articles

Citation Check