Pelatihan Program Cabri 3D dalam pembelajaran Geometri Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v3i1.507Abstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan guru matematika dalam menggunakan software Cabri 3D sebagai salah satu media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pelatihan program Cabri 3D dilaksanakan dengan menggunakan metode pelatihan, demonstrasi, praktek langsung, dan evaluasi penggunaan program Cabri 3D pada materi bangun ruang sis datar dan sisi lengkung.  Hasil kegiatan pelatihan antara lain peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Cabri 3D yang mendukung proses pembelajaran dikelas, peserta memperoleh pengetahuan baru dan keterampilan serta peningkatan kompetensi pedagogik guru matematika. Selama proses pelaksanaan 80% peserta mampu mengoperasikan program Cabri 3D dalam pembelajaran geometri, dan dari hasil evaluasi 100% peserta kegiatan sangat puas dengan pelaksaan kegiatan dan ingin agar dapat menyampaikan materi yang lain selain materi geometri sekolah Menengaha pertama baik dengan program Cabri 3D maupun software yang lainnya .
References
Bustomi. A., Y. (2010) Aplikasi Panca Indra Pada Manusia Bebrbasis Android. Jurnal Telrmatika Volume 3. Nomor 1. Hal 25-36.
Gunawan. Muhammad, M. 2015. Pelatihan program Cabri 3D dalam Menyelesaikan 3 Dimensi bagi MGMP Guru Matematika. Seminar Nasional. Hal 106-110.
Hikmah R, Noni Selvia. 2019. Pelatihan Cabri 3D V2 Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 2 Nomor 2. Hal 155-161.
Noraini (2004). Teaching and Learning Of Geometry: Problems and Prospects. Masalah Pendidikan Jilid 27. Hal 165-178
Riskiawan, H. Y. Setyohadi, D. P. S. Arifianto, A.S. 2016. Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis Multimedia untuk meningkatkan Kualitas dan Kreativitas Guru SMA. Jurnal Dinamika. Volume 1, Nomor 1. Hal 49-52
Sahid. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. http:// staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930136/Pengembangan%20Media%20Pembelajaran%20 Berbasis%20ICT.pdf (diakses 11 April 2019).
Xavier. A.G (2008). Geometry. AMSCO School Publications. New York
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.