PKM Kelompok Guru SMKS Global Mulia di Mekarmukti Jawa Barat

Authors

  • Aswin Saputra
  • Endaryono Endaryono Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v3i2.605

Abstract

Tujuan pelaksanaan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan umum kepada para Guru di SMKS Global Mulia tentang pemanfaatan fitur-fitur Google Form dalam pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tidak monoton. Metode pelaksanaan ini menggunakan beberapa tahap yaitu pretes pengetahuan guru tentang pemanfaatan Google Form dalam proses pembelajaran di kelas, presentasi atau paparan oleh tim pengabdian, dan evaluasinya. Hasil pengabdian dinilai baik karena terlihat antusias para guru dalam kegiatan pengabdian ini.

References

Bustomi. A., Y. (2010). Aplikasi Pasca Indra pada manusia berbasis Android. Jurnal Telematika. Vol. , No. 1. 25-36

Riskiawan, H. Y. Setyohadi, D. P. S. Arifianto, A.S. (2016). Pelatihan Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas Guru SMA. Jurnal Dinamika. Vol. 1, No. 1: 49-52

Rohim, Bima dan Julian. (2016). Belajar dan Pembelajaran di Abad 21. Makalah Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kajian Media Pembelajaran. Kurikulum dan Tenologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Batubara, H.H. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Program Studi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Jurnal Al-Bidayah 8 (1): 39-50

Fauzi, M.R. (2014). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. UPI. Bandung

Tamba, E. (2012). Pemanfaatan Google Docs Untuk Sarana Penunjang Pendidikan Komunitas Pembelajaran TIK. Skripsi. Program

Zaenal, A. (2011). BukuPintar Google. Penerbit Media Kita. Jakarta

T. Kato, Y. Kambayashi, and Y. Kodama, “A Report on the Practice Toward the Self-Regulatory Learning using Google Forms,†Proc. - 2016 5th IIAI Int. Congr. Adv. Appl. Informatics, IIAI-AAI 2016, pp. 332– 335, 2016

Wulandari, P., Maswani, Khotimah, H., (2019). Google form sebagai alternatif evaluasi pembelajran di SMAN 2 Kota Tangerang. Prosiding Seinar Nasional Pendidikan FKIP. 2 (1) pp; 421-425

Purwati, D., Nur, A., Nugroho. (2018). Pengembangan media evaluasi pe,belajran sejarah berbasis google formulir di SMAN 1 Prambanan. Diakses https://www.researchgate.net/publication/330529242_PENGEMBANGAN_MEDIA_EVALUASI_PEMBELAJARAN_SEJARAH_BERBASIS_GOOGLE_FORMULIR_DI_SMA_N_1_PRAMBANAN pada 19 Juni pukul 20.20

Downloads

Published

2020-09-28

Issue

Section

Articles

Citation Check