Pembinaan Kemampuan Analisis Data Kuantitatif bagi Mahasiswa Calon Guru

Authors

  • Khadijah Khadijah STKIP Pembangunan Indonesia
  • Andi Syukriani STKIP Pembangunan Indonesia
  • Hariani Harjuna STKIP Pembangunan Indonesia
  • Isma Muthahharah STKIP Pembangunan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.747

Keywords:

Analisis Data, Penelitian, Data Kuantitatif

Abstract

Salah satu proses penting dalam penelitian oleh mahasiswa adalah analisis data. Data yang diperoleh dari hasil penelitian tidak akan berarti tanpa dilakukan analisis terhadap data tersebut. Melihat kurangnya kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam menganalisis data maka diadakan pelatihan analisis data kuantitatif. Pelaksanaan kegiatan ini mengangkut pemberian penjelasan dan praktikum analisis data. Metode penyajian pelatihan yaitu metode ceramah, diskusi tanya jawab dan praktikum komputer. Hasil yang dicapai yaitu peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap tahapan pelatihan, 81 % peserta yang mampu mengikuti setiap arahan yang diberikan dalam praktikum dan hanya 19% yang mengalami keterlambatan.  Dan pada tahap evaluasi, 87 % peserta mampu melakukan pengolahan data mandiri dengan mengulang kembali beberapa langkah analisis data yang diminta, dan terdapat 13 % yang masih tersendak dalam melakukan pengolahan data mandiri.

Author Biographies

Khadijah Khadijah, STKIP Pembangunan Indonesia

Pendidikan Matematika

Andi Syukriani, STKIP Pembangunan Indonesia

Pendidikan Matematika

Hariani Harjuna, STKIP Pembangunan Indonesia

Pendidikan Matematika

Isma Muthahharah, STKIP Pembangunan Indonesia

Statistika

References

Agusta, Leonando & Eddy Madiono Sutanto. (2013). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya. Agora, 1 (3).

Basuki, Agus Tri. (2015). Penggunaan SPSS dalam Statistik. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Danisa Media.

Hakim, Dori Lukman. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi. UNES Journal of Community Service, 2 (2), 157 – 163.

Khadijah, K., Astuti, W. W., & Ahmad, F. (2017). Deskripsi Kemampuan Membuat Soal Interaktif Mahasiswa Calon Guru di STKIP-PI Makassar. Saintifik, 3(1), 69-76.

Marzuki, M.S. (1992). Strategi dan Model Pelatihan. Malang: IKIP Malang.

Nilakusmawati dkk. (2016). Upaya Peningkatan Penguasaan Guru SD dalam Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah melalui Pelatihan. Jurnal Udayana Mengabdi, 15 (1), 55 – 63.

Santoso, Singgih. (2005). Berbagi Masalah dengan SPSS. Cetakan Ketiga. Jakarta: Penerbit PT. Elex Media Komputindo.

Sijabat, Leonnardo. (2014). Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Instrumen Tes melalui Model Pelatihan SSOTT di SMA dan SMK Kabupaten Dairi. Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan, 1 (1), 107 – 118.

Siregar, Johannes Hamonangan, dkk. (2019). Pelatihan Pengelolaan Aplikasi Sistem Informasi bagi Warga Kelurahan Sawah Baru, Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3 (2), 343 – 350.

Trihendi, C. (2004). Memecahkan Kasus Statistik Deskriptif, Deskriptif, Parametrik, dan Nonparametrik

Downloads

Published

2021-02-22

Issue

Section

Articles