Pendampingan Penggunaan Facebook Marketplace sebagai media promosi dan transaksi penjualan bagi pelaku UKM

Authors

  • Muhammad Sholeh
  • Untung Joko Basuki Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.855

Keywords:

Media sosial, UKM, Marketplace

Abstract

Penggunaan media sosial saat ini tidak hanya untuk digunakan untuk komunikasi saja tetapi   dapat dioptimalkan untuk dimanfaatkan sebagai media promosi produk usaha dan transaksi penjualan. Peluang media sosial digunakan sebagai media promosi produk usaha dan transaksi penjualan harus diantisipasipelaku usaha terutama pelaku UKM. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan media sosial  bagi pelaku UKM yang berada di desa Tamantirto Kasihan Bantul adalah dengan memberikan wawasan dan pendampingan. Tujuan dari kegiatan pendampingan pada pelaku UKM diantaranya adalah pelaku UKM dapat menggunakan media sosial khususnya Facebook marketplace sebagai media promosi dan transaksi penjualan. Dalam pendampingan ini metode yang digunakan adalah melakukan penjajagan dengan diskusi dengan mitra mengenai  penggunaan media sosial yang sudah digunakan dan dilanjutkan dengan pendampingan dan pembuatan  marketplace dan pembuatan konten untuk promosi di media sosial. Hasil dari pendampingan ini pelaku UKM dapat melakukan promosi dan memasarkan produk UKM melalui marketplace serta dapat membuat konten produk yang menarik

References

Afdhal, Vernanda Em. 2018. “Perancangan E-Commerce berbasis Marketplace Produk Seni Budaya Minangkabau.†Jurnal KomTekInfo 5(1): 122–29.

Eko Nur Syahputro. 2020. Melejitkan Pemasaran UMKM melalui Media Sosial. Surabaya: Caremedia Communication.

Fauzi, Rahmat, Satrio Wibowo, dan Dela Youlina. 2018. “Perancangan Aplikasi Marketplace Jasa Percetakan Berbasis Website.†Fountain of Informatics Journal 3(1): 5–11.

Fitriana, Dona Evi, dan Agus Fitri Yanto. 2020. “ANALISIS USER EXPERIENCE ( UX ) FITUR MARKETPLACE FACEBOOK Dona Evi Fitriana Agus Fitri Yanto Administrasi Bisnis Politeknik Sawunggalih Aji Latar Belakang Internet memegang peranan penting dalam kehidupan , internet terus mengalami perkembangan yang sang.†JURNAL EKONOMI DAN TEKNIK INFORMATIKA 8(2): 47–66.

Hakim, Lukmanul. 2019. “Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Bagi UMKM Dalam Merespon Perubahan Perilaku Konsumen.†Loyalitas II(1): 74–91.

Hanief, Shofwan, Ni Nyoman Utami Januhari, dan A.A Ratu Asmara. 2020. “Pelatihan Digital Marketing Memanfaatkan Sosial Media dan Marketplace pada Usaha Dekorasi dan Catering Pernikahan.†WIDYABHAKTI 2(3): 146–56.

Hardiyanto, Denny, Muhammad Sholeh, dan Rr Yuliana Rachmawati. 2019. “Optimization of information technology utilization based on geography information system as a marketing media for micro , small , and medium enterprises to improve competitiveness in Bantul Regency , Indonesia Optimization of information technology utiliz.†IOP Conference Series: Materials Science and Engineering PAPER 807.

Helianthusonfri, Jefferly. 2016. Facebook Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nasution, Ridoan Saleh. 2019. “Bangun Rumah : Aplikasi Marketplace untuk Penjualan Bahan Bangunan Berbasis Android ( Studi Kasus : Toko Bangunan Bali ) Pendahuluan Studi Literatur.†JUKOMIKA - (JURNAL ILMU KOMPUTER DAN INFORMATIKA) 2(5): 183–91.

Putra, Angga Kurnia, Rudy Dwi Nyoto, dan Helen Sasty Pratiwi. 2017. “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Penyedia Jasa Les Private di Kota Pontianak Berbasis Web.†Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) 5(1): 22–26.

Raharja, Sam’un Jaja, Arianis Chan, Nenden Kostini, dan Herwan Abdul Muhyi. 2020. “PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK INDUSTRI KREATIF DI DESA LAKSANA MEKAR, KECAMATAN PADALARANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT.†Dharmakarya: 9(2): 93–96.

Riyanto, Joko. 2020. “Analisa Sistem Aplikasi Marketplace Facebook Dalam Pengembangan Dunia Bisnis.†JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA 4(4): 940–46.

Sholeh, Muhammad, Joko Triyono, dan Rr. Yuliana Rachmawati. 2020. “Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Pemasaran.†Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ 7(2): 158–64.

Susanto, Ajib et al. 2020. “Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online.†Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1): 42.

Wahyuni, Nuraida, Ade Saeful Mutaqin Irman, dan Akbar Gunawan. 2018. “Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce.†Jurnal Pengabdian Dinamika 5(1).

Yustiani, Rini, dan Rio Yunanto. 2017. “Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi.†Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika 6(2): 43–48.

Downloads

Additional Files

Published

2021-01-22

Issue

Section

Articles

Citation Check