Pelatihan Regulasi Emosi dalam Menghadapi Kecemasan di Masa Pendemi Covid-19 pada Guru BK

Authors

  • Nur Wisma Sriwijaya University, Indonesia
  • Rahmi Sofah Sriwijaya University, Indonesia
  • Rani Mega Putri Sriwijaya University, Indonesia
  • Sigit Dwi Sucipto Sriwijaya University, Indonesia
  • Risma Anita Puriani
  • Ibnu Andli Marta Padang State University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.870

Keywords:

Guru BK, Kecemasan, Regulasi Emosi

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengaruh yang positif terhadap pengembangan dan peningkatan keterampilan para guru BK dalam memberikan layanan konseling kepada siswa khususnya di era pendemi covid-19 ini khususnya keterampilan regulasi emosi. Pelatihan ini dilaksanakan dengan pemaparan materi kepada Guru BK. Untuk mengetahui tercapai tidaknya materi pelatihan yang disajikan, akan dilakukan evaluasi melalui aplikasi google form untuk mengetahui tentang tanggapan dari setiap peserta terhadap pelaksana pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim, apabila peserta telah menguasai 75% dari materi yang dipaparkan, maka materi tersebut berhasil dicermati. Hasil evaluasi yang diberikan oleh para guru BK terhadap materi pelatihan menunjukkan bahwa sebanyak 80 % peserta dapat memahami materi secara keseluruhan yang diberikan oleh tim pengabdian untuk meningkatkan keterampilan regulasi emosi Guru BK di Kota Palembang.

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syari.(7), 5, 395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Astuti, B., Kharisma, G.V. (2019). Efektifitas metode problem solving melalui konseling kelompok untuk meningkatkan regulasi diri siswa. Jurnal psikologi pendidikan dan konseling, 5(1), 20-24.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6.

Arika, Y. (2020, March 18). Lebih dari 849 juta siswa di dunia belajar di rumah. Kompas. Retrieved from https://kompas.id/baca/humaniora/dikbud/2020/03/18/lebih-dari-849-juta-siswa-di-dunia-belajar-di- rumah/

Carlsson, M, G B Dahl, B Ockert and D Rooth (2015). The Effect of Schooling on Cognitive Skills. Review of Economics and Statistics 97(3): 533-547.

Sulistyo, E. (2014). Hubungan antara regulasi emosi dengan kecemasan menghadapi pertandingan. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada 07/02/2021.

Fredy, F., Prihandoko, L. A., & Anggawirya, A. M. (2020). The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 171-180. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2067

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi Z di Indonesia. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.

Irman, I. (2015). Pengelolaan Kecemasan Akademik Siswa Melalui Pelatihan Regulasi Emosi. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 62-71.

Jonsson, B., Waling, M., Olafsdottir, A. S., Lagström, H., Wergedahl, H., Olsson, C., & Hörnell, A. (2017). The effect of schooling on basic cognition in selected nordic countries. Europe’s Journal of Psychology, 13(4), 645–666. https://doi.org/10.5964/ejop.v13i4.1339.

Kesek, A. C. (2010). Direct and indirect approaches to emotion regulation in children

Khafidhoh, I., Purwanto, E., & Awalya. Pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan self regulated learning pada siswa SMP N 13 Semarang. Jurnal bimbingan konseling, 4(2), 92-98.

Kusuma, T. R. (2020). Hubungan Regulasi Emosi dan Kecemasan pada Petugas Pemadam Kebakaran. Jurnal Acta Psychologia, 2(2), 183-186.

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 134–140.

Nabakatifa, B., Sofah, R & Gani, S. (2020). Pengaruh bimbingan kelompok tehadap regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI. IPS 2 SMA Srijaya Negara Palembang. Skripsi. Palembang : Universitas Sriwijaya. Diakses pada 07/02/2021.

Nisfiannoor, M., & Kartika, Y. (2004). Hubungan antara regulasi emosi dan penerimaan kelompok teman sebaya pada remaja. Jurnal psikologi, 2(2), 160-177.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541-544.

Pradipta, D.G. (2017). Kecemasan mempengaruhi performa atlet dalam bertanding. Semarang: Universitas PGRI Semarang. Diakses tanggal 07/02/2021.

Sari, P., Bulantika, S. Z., Utami, F. P., & Kholidin, F. I. (2020). Pengaruh Manajemen Stress dan Kelola Emosi Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa di Masa New Normal. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 62-67.

Wahyuni, E.N. (2005). Pengembangan Paket Pelatihan Pengendalian Emosi Untuk Siswa SMP. Tesis. Pascasarjana Jurusan BK UM.

Yanti, S., Erlamsyah., & Zikra. (20130. Hubungan antara kecemasan dalam belajar dengan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, (2)1, 283-287.

Downloads

Published

2021-06-05

Issue

Section

Articles

Citation Check