Pelatihan Regulasi Emosi dalam Menghadapi Kecemasan di Masa Pendemi Covid-19 pada Guru BK
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.870Keywords:
Guru BK, Kecemasan, Regulasi EmosiAbstract
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syari.(7), 5, 395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Astuti, B., Kharisma, G.V. (2019). Efektifitas metode problem solving melalui konseling kelompok untuk meningkatkan regulasi diri siswa. Jurnal psikologi pendidikan dan konseling, 5(1), 20-24.
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat;Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII(7/I), 6.
Arika, Y. (2020, March 18). Lebih dari 849 juta siswa di dunia belajar di rumah. Kompas. Retrieved from https://kompas.id/baca/humaniora/dikbud/2020/03/18/lebih-dari-849-juta-siswa-di-dunia-belajar-di- rumah/
Carlsson, M, G B Dahl, B Ockert and D Rooth (2015). The Effect of Schooling on Cognitive Skills. Review of Economics and Statistics 97(3): 533-547.
Sulistyo, E. (2014). Hubungan antara regulasi emosi dengan kecemasan menghadapi pertandingan. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada 07/02/2021.
Fredy, F., Prihandoko, L. A., & Anggawirya, A. M. (2020). The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), 171-180. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v7i10.2067
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi Z di Indonesia. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.
Irman, I. (2015). Pengelolaan Kecemasan Akademik Siswa Melalui Pelatihan Regulasi Emosi. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 62-71.
Jonsson, B., Waling, M., Olafsdottir, A. S., Lagström, H., Wergedahl, H., Olsson, C., & Hörnell, A. (2017). The effect of schooling on basic cognition in selected nordic countries. Europe’s Journal of Psychology, 13(4), 645–666. https://doi.org/10.5964/ejop.v13i4.1339.
Kesek, A. C. (2010). Direct and indirect approaches to emotion regulation in children
Khafidhoh, I., Purwanto, E., & Awalya. Pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan self regulated learning pada siswa SMP N 13 Semarang. Jurnal bimbingan konseling, 4(2), 92-98.
Kusuma, T. R. (2020). Hubungan Regulasi Emosi dan Kecemasan pada Petugas Pemadam Kebakaran. Jurnal Acta Psychologia, 2(2), 183-186.
Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 134–140.
Nabakatifa, B., Sofah, R & Gani, S. (2020). Pengaruh bimbingan kelompok tehadap regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI. IPS 2 SMA Srijaya Negara Palembang. Skripsi. Palembang : Universitas Sriwijaya. Diakses pada 07/02/2021.
Nisfiannoor, M., & Kartika, Y. (2004). Hubungan antara regulasi emosi dan penerimaan kelompok teman sebaya pada remaja. Jurnal psikologi, 2(2), 160-177.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541-544.
Pradipta, D.G. (2017). Kecemasan mempengaruhi performa atlet dalam bertanding. Semarang: Universitas PGRI Semarang. Diakses tanggal 07/02/2021.
Sari, P., Bulantika, S. Z., Utami, F. P., & Kholidin, F. I. (2020). Pengaruh Manajemen Stress dan Kelola Emosi Terhadap Tingkat Kecemasan Siswa di Masa New Normal. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 62-67.
Wahyuni, E.N. (2005). Pengembangan Paket Pelatihan Pengendalian Emosi Untuk Siswa SMP. Tesis. Pascasarjana Jurusan BK UM.
Yanti, S., Erlamsyah., & Zikra. (20130. Hubungan antara kecemasan dalam belajar dengan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Konseling, (2)1, 283-287.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.